Program NET TV Bungkus Berjamaah di Awal 2019, Ada Apa? - TELEmisi

Sunday, February 3, 2019

Program NET TV Bungkus Berjamaah di Awal 2019, Ada Apa?

TELEmisi
Waktu Indonesia Timur, Sarah Sechan, NET Soccer, NET 10. Itu adalah beberapa program NET yang bungkus diawal tahun 2019 ini. Tentu ini hal yang cukup mengejutkan, bagi para pemirsa setia NET. Apalagi, program-program diatas sudah sangat melekat dengan image NET sendiri.

Jujur saja, pertama-tama, saya hanya tahu bahwa Waktu Indonesia Timur (WIT) bungkus. Setelah penayangannya yang terakhir, para pengisi acara mengumumkan ini di akun sosial media mereka masing-masing. Awalnya, saya masih berharap bahwa ini sekadar gimmick, mengingat hal ini juga sempat dilakukan oleh The Comment, yang pada kenyataannya hanya berpindah studio.

Instagram
Namun setelah saya mencoba riset di Twitter, ternyata NET Soccer serta NET 10 juga sudah bungkus terlebih dahulu! Nooo.. salah satu program olahraga favorit saya di televisi, setelah ESPN FC!

Keesokan paginya, saya baru mendapatkan informasi lewat akun Instagram resmi Sarah Sechan NET, bahwa program yang sudah tayang bahkan sebelum NET resmi mengudara ini tidak akan tayang lagi. Namun, saya tidak sebegitu kecewanya saat saya tahu WIT bungkus, sebab saya memang tidak terlalu sering menyaksikan tayangan ini. Hanya sedikit saya sayangkan, sebab program ini sudah sangat melekat dengan NET. Saya pribadi lebih sering menyaksikan Pagi-Pagi.

TELEmisi
Lalu, tepat pagi kemarin, saya mendapat kabar dari akun resmi @netmediatama bahwa Pagi-Pagi juga bungkus!

TELEmisi
Benar-benar ibarat sebuah marathon, tiada henti! Apakah ini mengejutkan? Iya! Lalu, apa mengecewakan? Hmm, begini!

Sebelumnya, ini adalah artikel berisi asumsi saya pribadi disertai berbagai informasi yang saya himpun dari berbagai sumber. Saya rasa, ada beberapa kemungkinan mengapa.

Pertama, ada kemungkinan mereka sedang menyesuaikan dengan tayangan kartun (NET Toon) dari Cartoon Network yang mungkin selama beberapa waktu belakangan ini mendapat respon positif dari penonton. Beberapa kartun yang saya maksud antara lain We Bare Bears, Adventure Time, Ben 10 Omniverse, serta Gumball.

Keempat judul kartun ini mulai ditayangkan pada masa liburan dimana program-program reguler NET seperti Sarah Sechan, Pagi-Pagi, serta Breakout sedang rehat. Mengingat program-program ini akan tayang kembali,  ada kemungkinan saat ini mereka sedang ingin menyesuaikan waktu penayangan. Sehingga dengan begitu, mereka harus 'membuang' 2 jam durasi program reguler mereka. Maka, mem-bungkus adalah keputusan yang harus dilakukan.

Kedua, berkaitan dengan rating dan pendapatan. Saya sempat mendapatkan informasi bahwa satu diantara program yang bungkus tersebut dipengaruhi performa rating yang buruk, serta kesulitan mendapatkan sponsor. Padahal di dunia digital, performa mereka tergolong baik dan memiliki banyak penggemar setia. NET memang sejak awal sudah berkoar-koar bahwa mereka TIDAK mementingkan rating tetapi kualitas, namun mereka tetap butuh pemasukan! Kalau tidak, mereka akan merugi!

Maka, kalau kalian ingin program favorit kalian tayang dalam jangka waktu panjang, sempatkanlah menonton lewat layar kaca, sesekali mungkin.

Ketiga, berhenti diawal tahun, mungkin memang karena kontrak program tersebut sudah habis.

Keempat, adanya keputusan eksternal yang bukan dari pihak NET. Misalnya, Sarah Sechan yang bergabung dengan Narasi TV. Mungkin memang ia yang menginginkan tantangan dan nuansa baru, sehingga tidak ingin memperpanjang penayangan program regulernya di NET TV.

Terakhir, mereka ingin mengadakan penyegaran program-program, dengan menghadirkan pula sajian baru. Saya sangat setuju dengan alasan ini. Saya sangat setuju dengan penyegaran, karena semakin lama memang jujur saja harus diakui, banyak yang semakin membosankan. Mungkin karena situasi yang terlalu nyaman, sehingga tidak menggali inovasi-inovasi baru.

Gebrakan akan perubahan diperlukan. Sebab terlalu lama berada di zona nyaman, mematikan!

Saya sih berharap bahwa ini menjadi momentum bagi NET untuk memperluas range tayangan mereka. Tidak ada yang salah dengan banyaknya program komedi, namun ada baiknya untuk memperluas jangkauan. Tayangkan teleseri reguler, buat talkshow yang lebih serius, program musik, dan program kuis (seperti Berpacu dalam Melodi).

Sudah, sekian artikel kali ini. Ini hanyalah beberapa kemungkinan mengapa. DAN, setelah artikel ini, seperti yang sudah saya janji-janjikan..

PREDIKSI MUSISI MANCANEGARA!

Nantikan! #TELEmisi #PrediksiTELEmisi

9 comments:

  1. Net soccer dilebur sama net 24, tayang disetengah jam keduanya net 24, kesan "suka2"-nya jadi hilang. Padahal harusnya bisa dipertahanin, karena formatnya yg lebih asik.
    Menurut ane sampe saat ini yg paling bener peleburannya ya good afternoon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeap, betul cekali. Saya nonton NET Soccer bukan sekadar mencari informasi, itu bisa saya dapetin lewat berbagai platform lain. Saya nonton NET Soccer karena nuansa 'suka-suka' itu, lebih asik, kayak dengerin podcast bola. :)

      Delete
  2. Hah??? Itu beneran sarseh gabung narasi tv?? Dapat info dari mana?? Kalo emg bener teh sarseh gabung narasi tv. Ya masuk akal kenapa program debutan net ini alias sarseh pada akhirnya harus bungkus. Sangat disayangkan. Tapi sepertinya bakal ada program pengganti sarseh. Mungkin ini ya... Mungkin. Melihat postingan foto anji dgn mas Tama di instagramnya dgn caption "project". Mungkin akan ada talkshow dgn host Anji. Mengingat di youtubenya dia suka membahas dan interview Narsum yg sedang hangat dibicarakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, awalnya aku baru ngedenger isu-isu, tapi akhirnya informasi ini dirilis secara resmi oleh akun Narasi TV sendiri. https://twitter.com/narasitv/status/1089751254547423232
      Belum tentu sih, bisa aja tampil di HUT NET? Tapi kalau pun iya, saya bakalan penasaran! :))

      Delete
  3. Kl WIT dari pertama kali nonton dah tau ga bakal lama umurnya, alasan pertama tidak ada karakter yang benar2 menonjol yg bisa menjual, kedua games nya garing abis contoh dua (kata) saja, peserta cuma mengulang2 kata sampai kebingungan sendiri dan cringeworthy, mungkin salah 1 acara terburuk yg pernah Net ciptakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sih.. bisa dibilang terlalu merasa berada di zona nyaman sehingga malas berinovasi!

      Delete
  4. Well, baru baca ulang artikel "ICA dipisah dengan HUT NET", dan di situ mas Bryan ngebahas soal acara daily yang mungkin tidak diperhatikan. Beneran kejadian nih sepertinya, acara-acara sekarang sedang fase jenuh :(

    ReplyDelete
  5. Ya ampun makasih Bermanfaat banget aku baru tau karena sekian lama gak pernah nonton tv, karena sibuk nonton di YouTube aja

    ReplyDelete
  6. Dan akhirnya agustus ini semua terjawab

    ReplyDelete