Kenapa Ending Serial NET Banyak yang Menggantung? - TELEmisi

Monday, May 1, 2017

Kenapa Ending Serial NET Banyak yang Menggantung?


Kenapa Ending Serial NET Banyak yang Menggantung?
Jumat, 28 April 2017 menjadi hari penayangan episode 60 yang merupakan episode terakhir teleseri Cinta dan Rahasia NET. 60 episode bisa dikatakan merupakan durasi yang cukup panjang jika kita bandingkan dengan teleseri-teleseri NET lainnya, misalkan Catatan Si Boy yang hanya 24 episode. Jumlah episode Cinta dan Rahasia hanya kalah jika dibandingkan teleseri Kesempurnaan Cinta yang bahkan sebentar lagi akan segera memasuki season nya yang ke-3.

Walaupun jumlah episode yang bisa dibilang sudah cukup banyak, jalan cerita teleseri ini tetaplah berkualitas dan tidak melenceng kemana-mana. Ini merupakan sesuatu yang patut diapresiasi ditengah industri serial televisi kita yang "begini". Hal ini didukung dengan premis cerita yang memang dari awal sudah jelas, cinta yang timbul dalam sebuah persahabatan.

Walaupun ini bisa dibilang sesuatu yang sederhana, banyak serial televisi kita yang tidak memiliki premis jelas. Judul serial juga seharusnya mampu merepresentasikan isi dari serial tersebut. Harus ada keterkaitan antara judul dan isi serial tersebut. Judul Cinta dan Rahasia, isinya banyak rahasia percintaan. Nah kalau saya ambil contoh judul serial Tukang Bubur Naik Haji, sinetron yang sempat sangat digemari beberapa waktu silam, apa isinya berpusat pada sang tukang bubur yang naik haji? Kayaknya pertanyaan ini tidak perlu dijawab yah!

Langsung saja membahas mengenai Cinta dan Rahasia. Setelah penayangan episode ke 60 kemarin, teleseri ini ramai diperbincangkan di berbagai jejaring media sosial. Di instagram NET serta official account Cinta dan Rahasia sendiri, komen yang masuk mencapai ribuan komentar! Bahkan di twitter, hashtag #CintaDanRahasia_Final menjadi trending topic Indonesia sepanjang malam! Apakah yang dibahas hingga sebegitu hebohnya?

Jumlah Komen Bahkan Mencapai 6 Ribu!
Bukan sedih karena teleseri kesayangan mereka telah tamat, mereka justru heboh ngebahas ending yang "nge-gantung". Banyak yang sedih, kesal, kecewa, tapi ada juga yang merasa senang dengan ending seperti itu. Oh ya buat yang belom nonton bisa ditonton di ZULU.ID. Buat yang gak pengen spoiler mungkin bisa diskip aja bagian setelah ini.

Rizky Sedang Merekam Suaranya Menggunakan Recorder
Jadi ceritanya Rizky sudah merekam dengan 2 voice recorder dengan isi pesan yang berbeda. Yang satu berisi pernyataan bahwa dia siap berpacaran dengan "nya" dan mengajak "nya" untuk ke rumah pohon. Sedangkan yang satu lagi berisi pesan bahwa dia hanya bisa menganggap "nya" sebagai sahabat dan meminta dukungan sebab ia akan memulai hubungan dengan sahabatnya yang lain. Tetapi baik Gita maupun Nadine sama-sama bersiap untuk pergi.

Adegan Terakhir CdR, Rizky Berbicara Dengan Seseorang
Episode "terakhir" ini ditutup oleh scene Rizky yang nampaknya sedang berbicara dengan seseorang di Rumah Pohon. Belum jelas dengan siapa lalu END, masuk soundtrack Cinta dan Rahasia. Buat yang baru nonton teleseri NET mungkin pada kesel "ending macam apa ini!". Tapi buat yang sudah sering nonton teleseri-teleseri lainnya, ini bukanlah sebuah hal baru lagi. Hampir semua ending series NET gak akan bikin kita bisa tidur nyenyak, selalu bikin penasaran nunggu kapan season selanjutnya.

Apakah Dimas Akan Bergabung Dengan Stereo? (Youtube Stereo Net Tv)
Stereo itu season ke-2 nya juga belum sepenuhnya selesai, terakhir cuma sampai Stereo dan Largo bergabung jadi satu tapi belum ada cerita ikut Super Choir. Dimas (Rizky Febian) pun belum bisa dipastikan apakah akan bergabung. Masalembo, memang sih di endingnya mereka sudah menyebrang ke pulau lain, tapi masih ada scene yang memancing rasa penasaran penonton.

Cuplikan Serial Patriot NET (Youtube PATRIOT NET TV)
Serial Patriot pun masih membuka kemungkinan untuk dilanjutkan. Diakhir episode terakhirnya, sang kapten menerima telepon yang mengabarkan panggilan tugas berikutnya. Terakhir, teleseri Catatan Si Boy. Di episode terakhirnya, Boy (Achmad Megantara) resmi jadian dengan Vera (Melayu Nicole). Namun diakhir episode terakhirnya, Boy melihat Nuke. Tidak diceritakan lebih lanjut dan selesai!

Nah, itu dia beberapa serial NET dengan ending yang banyak dibilang "menggantung". Belum semua sih, tapi yang terpenting kita mendapat gambaran besar. Buat yang pengen tahu lebih rinci, bisa langsung ditonton di Youtube lho! Nah, melihat banyaknya serial NET yang endingnya dibuat nge-gantung, pertanyaan yang muncul adalah kenapa? Buat apa?

Alasan pertamanya sudah sempat saya singgung dalam kasus Cinta dan Rahasia tadi, agar menjadi perbincangan. Ending yang nge-gantung pasti akan ramai dibahas khususnya oleh para penonton setia serial tersebut. Nah jadi ketika para penonton menanggapi ending itu baik senang, sedih, marah, bahkan kecewa, NET telah berhasil mencapai salah satu tujuannya membuat ending semacam itu.

Berikutnya, agar memiliki ciri khas yang beda dari serial televisi lainnya. Siapa bilang ending nge-gantung gak bisa jadi sebuah ciri khas? Nah disini letak kebingungan saya kepada diri saya sendiri, mungkin juga bagi anda. Dari sekian banyak serial NET yang telah saya saksikan, hampir semuanya berakhir nge-gantung. Tapi kenapa setiap ada serial baru selalu saya tonton lagi yah?

Ending yang menggantung juga dapat membuat serial tersebut lebih memorable atau lebih diingat. Apa maksudnya? Serial yang menggantung akan lebih dikenang dalam jangka waktu yang panjang, walaupun serial tersebut tidak dilanjutkan karena setelah menyaksikan ending nge-gantung, penonton akan ikut berpikir mengenai kelanjutan jalan ceritanya sehingga akan lebih tertanam dalam pikiran.

Terakhir, lewat ending menggantung, NET ingin memberikan sebuah edukasi bagi para penonton serial televisi khususnya di Indonesia bahwa ending yang baik bukanlah ending yang diinginkan penonton serta tidak harus selalu sepenuhnya jelas antara bahagia atau bahkan tragis. Dalam serial percintaan misalnya, endingnya tidak harus berujung di pernikahan atau kegagalan kan?

Toh dalam setiap ending yang dianggap ngegantung ini tidaklah sepenuhnya gantung kok. Cerita itu sudah mencapai sebuah ending walaupun belum ending tertinggi. Kita ambil contoh teleseri Cinta dan Rahasia. Sebenarnya sudah ada sebuah konflik yang terselesaikan yakni permasalahan dalam persahabatan mereka. Jadi dari ending sementara ini kita sudah bisa menarik sebuah pelajaran yakni persahabatan tetaplah penting dan harus diperjuangkan. Tetapi masih ada ending yang lebih tinggi lagi yakni "siapa yang akan dipilih Rizky, Gita atau Nadine?". Nah ini yang masih disimpan.

Kurang lebih itulah kenapa ending serial NET banyak yang nge-gantung. Buat kalian, ending seperti apa yang lebih kalian sukai? Ending yang sepenuhnya diungkap jelas atau yang masih menyimpan misteri? Oh ya, kalaupun Cinta dan Rahasia akan memasuki season berikutnya, semoga saja ceritanya masih tetap berkualitas! Maju terus pertelevisian Indonesia!

No comments:

Post a Comment