Kupas Tuntas Mashup ICA 5.0 NET! - TELEmisi

Wednesday, April 11, 2018

Kupas Tuntas Mashup ICA 5.0 NET!

TELEmisi

Apakah mashup ICA 5.0 NET kali ini tergolong sukses?

Tepat sehari sebelum mashup ditayangkan di televisi, saya sempat berpikir untuk beristirahat menulis sejenak, menunggu hingga mashup ICA 5.0 NET ditayangkan, baru saya akan menulis kembali. Mengapa? Capek, bro! Menulis itu melelahkan..

.. Walaupun sebenarnya menggunakan komputer, sih!

Bagi yang penasaran nih, untuk membuat sebuah postingan “jadi” itu prosesnya panjang! Di awal, kita harus mencari topik bahasan yang menarik untuk dibahas. Lalu, agar postingannya terkesan lebih sistematis dan enak diikuti, seringkali saya membuat mind-map dari topik utama terlebih dahulu.

Kemudian, barulah saya mulai menulis, kata per kata! Menyusun kata per kata saja tidak mudah. Mungkin bagi kalian yang membaca artikel saya khususnya belakangan ini, kalian akan mengganggap saya menulis tanpa usaha berarti, kan tinggal ngelantur dan nge-jayus biar lucu!

Sekadar informasi, nulis sesuatu yang lucu itu jauh lebih sulit dibanding menulis serius!

Nah, belum memiliki waktu untuk beristirahat, NET udah menayangkan mashup resmi, dan secara tidak langsung, masa istirahat “rencana” saya telah usai! Terima kasih lho, NET!

giphy.com
Saya menyaksikan mashup ini pertama kali di streaming Youtube NetInsight, setelah diinformasikan oleh salah seorang rekan. Saya mundurkan beberapa waktu, dan akhirnya saya menemukannya!

Postingan ini saya buat untuk membahas segala hal terkait mashup Indonesian Choice Awards 5.0 NET. Sekadar peringatan, postingan ini akan mengandung spoiler, jadi bagi yang belum menonton dan tidak ingin mendapatkan terlalu banyak bocoran, bisa menyaksikannya terlebih dahulu, baru kembali kesini untuk membaca ulasan saya!

Twitter
Pengumuman siapa guest star internasional dan mashup, merupakan 2 hal yang mungkin paling ditunggu-tunggu oleh Good People, sapaan untuk para penonton NET, setiap tahunnya menjelang perayaan HUT.

Sangkin ditunggu-tunggunya, ini menjadi komoditi diskusi yang sangat menarik. Bahkan, bukan hanya diskusi, ini juga menjadi komoditi “ribut” yang menarik!

Sejujurnya, saya lupa apakah saya pernah menuliskan tentang ini, tapi saya rasa, NET telah berhasil menciptakan branding dari segi musisi internasional yang selalu diundang serta mashup yang juga rutin dibuat sebagai salah satu sarana promosi. Kedua hal ini seakan-akan sudah sangat melekat pada NET.

Sekitar akhir Maret lalu, saya sempat iseng bertanya di akun Twitter saya, @BryanTvHardi, #promoterselubung, apa saja sih lagu yang mungkin akan masuk dalam mashup tahun ini? Saya menanyakan hal ini setelah akun NET mem-posting promo resmi ICA 5.0 NET.

TELEmisi
TELEmisi
TELEmisi
Dari beberapa prediksi yang saya kumpulkan, ada beberapa lagu yang tertebak dan memang masuk dalam mashup ICA 5.0 yang ditayangkan perdana pada tanggal 10 April 2018, ini.

Karena judul postingan keren ini, “kupas tuntas”, maka kita akan bahas segala aspek yang terkait dalam mashup kali ini!

Lagu

Aspek pertama yang akan kita bahas adalah lagu-lagu yang tergabung dalam mashup kali ini.
  • Starving - Hailee Steinfeld & Grey
Lagu yang sangat populer sepanjang tahun ini menjadi lagu dasar dari mashup kali ini. Lagu yang video klipnya sudah ditonton hingga 209 M, saat postingan ini dipublikasikan, merupakan lagu yang cukup akrab di telinga kita, khususnya para pendengar radio serta pengguna aplikasi..

liputan6
.. Ojek online!

Brilio
Ya, streaming musik lah!

Sebenernya kalau dipikir-pikir lagi, 209 M itu ga besar-besar amat, lho! Biasa aja! Kalau yang besar banget itu..
.. 209 XXL!

Malesbanget.com
Nah, itu baru besar!
  • Fill Me Up - Craig David
Lagu yang dirilis pada tahun 2000 ini, merupakan lagu yang dipakai untuk mewakili Craig David. Sebelum mashup ini ditayangkan, saya menyangka bahwa lagu Craig David yang akan dimasukkan adalah Insomnia, namun ternyata, bukan!

.. Mungkin si Craig udah terapi, jadi udah gak insomnia lagi!

giphy.com
Ketika saya mendengarkan mashup untuk pertama kalinya, saya tidak terlalu menyadari bagian untuk lagu-lagu ini. Saya hanya mendengar suara Craig David seperti “All right.. C’mon” tanpa mengetahui dengan jelas lagu apakah itu. Yang saya tahu, itu bukan lagu Insomnia!

Setelah saya dengar untuk kedua kalinya, dengan earphone yang lebih mahal dan berkualitas, akhirnya saya menemukan bagian-bagian lirik lagu ini. Sepengamatan saya, hanya ada 3 bagian lirik lagu ini yang disertakan dalam mashup, ada yang tahu?
  • Tentang Cinta - Raisa
Ini adalah lagu lokal pertama yang masuk mashup. Sudah, begitu saja, biar gak kepanjangan artikelnya, masih banyak yang mau dibahas!
  • Pesta - Isyana
Ini adalah lagu lokal kedua yang masuk mashup. Sudah, begitu saja, biar gak kepanjangan artikelnya, masih banyak yang mau dibahas!
  • Suara - GAC
Ini adalah lagu lokal ketiga yang masuk mashup. Sudah, begitu saja, biar gak kepanjangan artikelnya, masih banyak yang mau dibahas!
  • Sweet Talk - Sheryl Sheinafia & Rizky Febian Feat. Chandra Liow
Ini adalah lagu lokal keempat yang masuk mashup. Sudah, begitu saja, biar gak kepanjangan artikelnya, masih banyak yang mau dibahas!
  • Pertama - Reza Artamevia
Lagu lokal kelima yang masuk mashup. Lagu ini merupakan lagu yang pastinya sudah tidak asing ditelinga kalangan anak muda..

.. 20 tahun yang lalu!

giphy.com
Kalau tahun lalu, NET menyajikan penampilan spesial dari para musisi hip-hop 90an yang tergabung dalam grup Good People, saya rasa, tahun ini NET akan kembali menyajikan penampilan nostalgia spesial, yang kemungkinan diisi oleh Reza Artamevia. Tentunya akan menarik, bukan?

Video

Setelah membahas lagu, sekarang mari kita bahas dari segi video, dari mana saja gambar-gambar yang ditampilkan dalam mashup tersebut.

Untuk lagu dari Raisa, Isyana, GAC, serta Sheryl Sheinafia dan kawan-kawan, NET menggunakan gambar dari music video masing-masing lagu tersebut. Sedangkan untuk lagu Reza Artamevia, gambar yang digunakan adalah gambar dari music video Selalu Ada, bukan dari lagu Pertama. Mengapa? Menurut saya, karena kualitas music video lagu Pertama tidaklah terlalu baik, sehingga harus menggunakan gambar dari video lain untuk menunjang kualitas gambar HD yang diinginkan.

Buat yang penasaran, cuplikan Hailee pada mashup kali ini diambil dari video klip lagu Love Myself, Most Girls, dan Starving.

Bila shot Hailee diambil dari 3 lagunya yang berbeda, shot Craig David juga diambil dari 3 music video-nya, I Know You, Change My Love, dan One More Time.


Komentar

Lagu-lagu sudah, sumber video-nya juga sudah. Sekarang, saya akan memberikan opini pribadi mengenai mashup Indonesian Choice Awards 5.0 NET kali ini, apakah tergolong sukses, menarik, atau tidak!

Menurut saya, mashup kali ini.. BIASA SAJA! Tidak buruk, tetapi biasa saja! Mashup kali ini, sekadar “aman”, dari segi musik maupun konsep.

Memangnya, apa yang akan membuat mashup menjadi “luar biasa”?

Tanpa mengecilkan usaha dari setiap pihak yang berusaha sedemikian rupa agar mashup ini dapat terlaksana, saya rasa kalau setiap tahunnya video mashup hanya dibuat seperti ini, lama-lama tidak akan terasa spesial lagi! Orang akan menanggapi ini dengan santai saja! Mashup tidak lagi akan menjadi sesuatu yang “benar-benar” ditunggu!

Ada baiknya agar mashup dikemas dengan konsep yang lebih menarik. Mari kita ambil contoh, mashup HUT NET 3.0, kurang lebih 2 tahun silam, yang menurut saya merupakan mashup terbaik NET sejauh ini.

Netmediatama
Kenapa itu menarik? Secara audio, kurang lebih! Mashup, ya tetaplah gabungan dari lagu-lagu yang disatukan dengan tempo yang sesuai. Yang bisa dikembangkan adalah dari aspek visualnya.

Alangkah baiknya, jika aspek visual yang ditampilkan bukanlah sekadar gabungan music video, tetapi dikemas secara lebih kreatif. Ini dapat digabungkan dengan seni lain, misalnya dance, atau bahkan animasi! Bukanlah tidak mungkin, akan menjadi sesuatu yang sangat menarik!

Sudah, mashup kali ini sudah di kupas tuntas ala TELEmisi! Kalau menurut kalian, ada bagian yang belum terkupas, silahkan dikupas di kolom komentar dibawah ini! #TELEmisi

163 comments:

  1. Weeh masuk artikel :D

    Mashup NET 3.0 menang Best Viral Promo PromaxBDA Asia (Silver) taun 2016 btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, gimana, seneng? Wah baru tahu nih, hebat banget kalau gitu! Dapet info dari mana nih, pengen cari tahu lebih lanjut! :)

      Delete
    2. Seneng atuh.
      Dapet info dari tim promo on-air nya NET. cek ignya deh (@net.onairpromo)

      Delete
  2. Mungkin biar jaga jaga kalo salah satu GS membatalkan/ terkena kasus kayak di NET 4.0.

    Emang sih yg kali ini berasa biasa aja, sama kaya mashup grand launching sampai NET 4.0 (kecuali NET 3.0 yg emang revolusioner banget utk ukuran promo program tv di indonesia di bagian editing grafisnya).

    Cuman yg perlu diingat kalau NET juga punya promo ICA 5.0 Upgraded yg menurut saya cukup bagus gragis & audionya. Mungkin ini efek pemisahan ICA dg HUT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeap, soal yang promo Upgraded memang bagus dan inovatif, hanya saja kalau kita membahas mashup secara khusus, biasa saja! Awalnya saya memiliki ekspektasi lebih setelah melihat promo "upgraded" yang sudah sangat spesial! Tapi, harus tetap diapresiasi lah! :)

      Delete
  3. Ini diluar topik sih. Kayaknya HUT NET bisa jadi diilangin di jangka panjang dan cuma ICA doang yg ada.

    Nyadar ga sih kayaknya tv indonesia doang yg ngerayain ulang tahun dg konser yg ngebikin kru nya gila (seharusnya mereka seneng seneng kan?).

    Dan kalo liat di luar negeri emang yg ditunggu tunggu acara award nya, bukan acara ukang tahun tv nya. Ini juga bisa nambah prestige NET buat bikin awards yg berkualitas.

    Ini opini sih. Bisa jadi benar bisa jadi salah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sebenernya bisa saja. Tapi, dalam presscon kemarin Wishnutama sempat menyatakan kalau tahun-tahun depan, akan diadakan 2 acara besar, ICA dan HUT. Tapi, dalam jangka panjang, mungkin jika hasil untuk beberapa tahun kedepan justru tidak maksimal. Kalau dalam hemat saya sih, tetap bakal dirayakan, tetapi mungkin tidak dengan taraf "konser" yang sebesar ICA. :)

      Delete
  4. soal mystery guest.
    gue kok mikirnya band yg isinya menteri kita ya?!
    elek yo band
    hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya atau gak, ini adalah yang pertama kali saya bayangkan ketika Mas Tama bilang "..haah, masa sih mas.. tapi masih gak tahu jadi atau gak.." Apa memang iya? Tetapi kalau iya, takutnya NET dianggap mulai main politik, dan mendukung pemerintahan sekarang. Kan selama ini, NET dicap netral! :)

      Delete
    2. Kalau gw malah mikir si rich brian yang jadi mystery guest star

      Delete
    3. Sama gw juga rich brian karena si rich brian kan belum tampil sasma sekali di acara televisi di indonesia

      Delete
    4. Kalo gua malah berharapnya soulful corp yg jadi mystery guest soalnya itu kan band isinya mas tama, kang roan, kang emil dan lagunya enak2 sih menurut gua

      Delete
    5. Wah, bisa jadi bandnya Mas Tama, ya! Gak kepikiran.. :)

      Delete
    6. Kalau saya tebak sih, Nella Kharisma... Jaran Goyang kan lagii booming... Terlebih ini gak terdugaa oleh stasiun tv lain, kalau NET. ngundang penyanyi dangdut.

      Delete
  5. kayaknya bakal seru kalau di ICA 5.0 nampilin SE Percussion nya kang Sule, Soalnya seni tradisional sunda berupa alat musik, membuat kita tidak lupa seni tradisional Indonesia dan menunjukkan juga bahwa alat musik tradisional kita gak kalah dengan alat musik modern.

    Barusan lihat di youtube penampilan SE Percussion waktu di Ini Talkshow bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. pasti akan keren dan menarik! Tapi kalau untuk di panggung besar, sebesar ini, persiapannya pasti tidak akan mudah, dari segi teknis juga! Teknik miking alat-alatnya tentu tidak mudah, lalu juga butuh waktu yang cukup panjang untuk memindahkan alat yang banyak tersebut. Ini akan menambah beban jika memang terjadi. Lalu, nuansanya juga belum tentu sebagus ketika di Ini Talkshow. Panggung yang megah dibandingkan studio kecil, suasana yang dibangun beda, lho! :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada apa hari ini?? Wah jd penasaran hehee

      Delete
    2. Duh jadi penasaran, jangan2 hari ini mau upload mashup yg ad "gs kejutanny"

      Delete
    3. hari ini?? ada apa sih emangnya...?? btw di yutup mashup nya belum di upload ya jadi kesimpulannya masih ada suatu hal yg masih di tutupi sama net nih....

      Delete
    4. Yg gue liat di sosial media net kalau hari ini mau upload mashup sekalian bocorin mystery gs nya. Jadi mashup yg selama ini ditampilin di TV kayak nya blm fix makanya blm di upload di youtube dan di sosial media net

      Delete
    5. Mas rizki, hai lagi.. Wah, ternyata detail prosesnya cukup rumit yaa! Dan hasil yang kita buat juga butuh approval dari artis luar. Apa insomnia-nya gak diapprove dari pihak sana atau dari pihak NET, mas? Kalau boleh tahu aja nih! Kemarin NET sempet nge-tweet kalau hari ini akan mengumumkan sesuatu yang berhubungan dengan mashup yang belum diupload ke social media, dan juga mengungkapkan pertanyaan soal mystery guest! Apa benar bakal diumumkan hari ini?? Penasaran abiss.. :)

      Delete
    6. Masih penasaran mashup yang belum dipublish hahahaha

      Delete
    7. Iya sih di Twitter NET. bilangnya nungguin hari ini di tv

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Barusan banget lihat mashup di net ketambahan sheila on7

    ReplyDelete
  10. Ini guest star misterinya jadi apa enggak ya... Apa emg dirahasiakan sampe hari-H hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi liat mashup tidak ada tanda-tanda mystery gs. Entah tidak jd atau blm diumumkan. Cuma bertambah SO7 saja. Padahal sudah nunggu dari td pengen tau mystery gs nya hehee.

      Delete
  11. Sheila On 7 ditambahin di mashup? Hmmm bagus sih, tapi kya ada yg ngeganjel gitu,.. apaan yah, hmm ya pokonya kya ada yg ngeganjelah.. tapii keseluruhan keren ko! banyak efek suara yg ditambahin, keren!
    Tapii klo boleh jujur sya pribadi sedikit kecewa juga sih.. sedikit loh yah kecewanya ngga banyak hehe.. jdi yg ada dipikiran saya itu, saya kira mashupnya bakal diubah total, ehh ternyata cuma ditambahin Sheila on 7 doang, terus klip Craig David sma Isyana yg lgi joget dibuang..
    Hmm gitu sih kira2 klo pndpt sya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya kira bakal beda dari sebelumnya. Ternyata sama saja, cuma di tambah SO7. Tp ttp oke lah. Sebetulnya saya sangat penasaran siapa mystery gs nya.

      Delete
  12. langsung dihapus ternyata di YT NETMEDIATAMA... ada apa ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di instagram jg di hapus.

      Delete
    2. Apanya bng yg dihapus? Saya blom sempet ngecek nih, lgi ada tugas

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Ok mungkin udah cukup ngomongin gs, mashup, dsb. Ada yg tertari ngomongin konsep panggung, lighting, sama property yg mungkin NET pake ga?

    Tim stage & design udah mulai cek venue hari ini. Biasanya stage mulai dibangun maksimal h-10. Kira kira bakal kayak gimana ya stage nya tahun ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau stage aku udah berhasil dapet bocoran sketsa idenya wkwk

      Delete
    2. Bagi donk kalau beneran ada hehe.. Dapet dari mana? Terus, menarik gak? :)

      Delete
  15. Yang penasaran komsep stage-nya bisa check post-location IG di Sentul International Convention Center :) Kru NET udh pada sampe di venue tadi pagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangnya ada "bocoran" konsep stage waktu kita ngecek location SICC?

      Delete
    2. So far belum ada sih. Masih kerangka dasar aja belum kelihatan aslinya gimana

      Delete
  16. Abis liat insta story salah satu kru NET, ternyata udah mulai rigging kerangka stagenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya stage nya bakal miring miring lagi ya kalo ngeliat postingan kru NET?

      Delete
    2. udah ngeliat sendiri konsepnya gimana dong :(

      Delete
    3. Boleh tau nggak, itu krunya namanya siapa. Penasaran sama stagenya soalnya

      Delete
  17. Admin ada gx kemungkinan guest star dari penyanyi amerika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalnya siapa? Sebenernya gak ada yang bener-bener gak mungkin, sih. Bisa aja dari kalangan penyanyi, bisa lokal bisa mancanegara, atau pesulap, model, bahkan pejabat, atau pemeran film.. Jadi, kalau kamu
      nanya, ada gak kemungkinan guest star penyanyi Amerika, ya menurutku sih mungkin aja! Ya, selagi lagu-lagunya cukup dikenal, schedule cocok, dan budget sesuai! :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Saya udah dapet bocoran tata audio ica5 nanti,dan seneng banget bisa tau kalo NET pake Clair Brothers buat audionya yg udah high level dan soundnya gk perlu diragukan lagi! Java Jazz juga kalau tidak salah pakai audio yg sama. Untuk kerangka2 stage sepertinya disupply oleh Mata Elang Production.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rigging sama lighting emang pake Mata Elang. Kalo audio baru tau pake Clair Brothers dan ternyata udah dipake NET dari awal. Equipment nya mantab jiwa emang

      Delete
    2. Darimana tahunya sih ? penasaran v:

      Delete
  20. Ini yg dapat bocoran soal stage dan audio dapat bocorannya darimana sih? penasaran gue. Hehehehe

    ReplyDelete
  21. Mulai sedikit kelihatan bentuknya. Kayaknya mau dibikin kayak teater

    ReplyDelete
  22. Udah ada yang dapet bocoran gak sih mystery gs nya siapa?:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gaakan dibocorin sampe hari H

      Delete
    2. Bocorannya pas hari-H hehehe...

      Delete
  23. Ini serius guest star misteriusnya via vallen??
    Fanpage via vallen update schedule dia ada perform di ica 29 april.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awkowkowko
      gapala lah haha.
      ngakak wkak

      Delete
    2. Bisa jadi lho. Coba kita cocokan dengan statement mas wishnutama ama mas edo. "tv lain gk akan kepikiran" tv mana yg mikir NET bakalan ngundang via vallen? :)

      Terus kalo ngeliat cerita mas edo pas ngomongin gs misteri ini, "seriusan nih mas", "iyeee", "hmmm oke". Jadi ya ad kemungkinan jga sih.

      Tapi aku sih udah punya tebakan sendiri ;)

      Delete
    3. Gue gak mempermasalahkan via vallen. Soalnya gue udh prediksi sebelumnya yg dimaksud mas tama dan mas edo pas presscon berhubungan ama dangdut. Kalo bener emg via vallen si misteri guest yg dimaksud. Sedikit kecewa. Kenapa harus dirahasiakan?? Gue jadi penasaran. Kalo lagu sayang diaransemen ulang buat event ica. Lebih wah dari versi asli gak ya??

      Delete
    4. Saya gak pernah ada masalah ketika NET mengikut-sertakan unsur dangdut dalam acaranya, justru saya sangat senang dan penasaran bakal diapain, semoga juga dapat mengedukasi penonton bahwa dangdut bukan genre musik gak berkualitas! Semua genre musik berkualitas, yang membuat genre tersebut terlihat tidak berkualitas adalah kemasan dan para musisinya. Tapi setuju, kalau memang "dia" yang merupakan mystery guestnya, tidak akan menimbulkan efek keterkejutan yang dahsyat, biasa aja! :)

      Delete
  24. mistery guest kayaknya via vallen , buka aja ini link fanpage via vallen di facebook

    https://www.facebook.com/viavallenofficialpage/photos/a.638032312891347.1073741827.156802971014286/2126696697358227/?type=3&theater

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung sih musti reaksi kayak gimana. Via vallen emang pedangdut yg itungannya masih "berkualitas". Tapi untuk acara segede ini dan reputasi net yg bikin HUT/ ICA yg gapernah panggil artis dangdut sama sekali ya jadi gimana gitu.

      Delete
    2. Mungkin karena lagunya yg sayang booming tahun lalu. Moga aja dibuat lebih berkelas lagu ini ama net.

      Delete
    3. Bisa jadi sih. Ingey ga lagu Begadang dibikin lebih modern pas perform finalis Just Duet di NET 3.0.

      Ini bisa jadi (lagi lagi) eksperimen NET cobain ini itu di tiap HUT/ ICA. Ada yg pecah, ada yg biasa aja, ada yg malah kecewa. Agak khawatir aja penonton malah makin turun ekspektasi ke NET soal pemilihan gueatstar yg ga sesuai harapan. Ya tapi lagi lagi musti tetep diapresiasi sih kerja tim ICA tahun ini. Pasti berat gegara NET 4.0 kemarin banyak yg kecewa.

      Semoga kita semua di forum ini ga (terlalu) kecewa juga ya...

      Sayang opo kowe krungu jerit e atiku~

      Delete
    4. Karena belum pernah.. makanya harus dipernahin, biar jadi pernah! Gak ada yang salah kan, dengan dangdut? Yang bermasalah itu, beberapa artisnya! Pasti, salah satunya karena lagunya yang tahun ini sangat populer. Ada informasi kalau besok bakalan diumumkan siapa mystery guest yang selama ini dirahasiakan, jadi ditunggu deh! :)

      Delete
    5. Via vallen ini entah nanti yg jd "mystery gs" atau termasuk di "and many moore". Cuma net yg tau.

      Delete
    6. nah ini.
      gue ngarepnya via vallen ini masuk dalam list "and many more"
      bukan mystery guest yg dimaksud.
      tidak cocok untuk dirahasiakan kalau memang dia sang mystery guest.
      masih masuk kategori biasa.

      Delete
  25. Kalo dari sound dll pasti akan di level tertinggi, karena NET kan Milik Indika group mereka pasti akan menyediakan yang level tertinggi. Karna indika juga menyediakan barang2 broadcast, sound, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk soundnya NET sendiri akan pakai PA system Clair Brothers. Clair Brothers sendiri sudah sejak lama jadi sound system langganan untuk konser Ariana Grande, U2, Rolling Stone & Bruce Spristeen.

      Delete
  26. Melihat postingan mas edo wicaksono di IG, Besok akan di umumin guest star nya teman-teman.

    ReplyDelete
  27. Kalau pun mystery guest nya Via vallen, gue tidak kecewa.
    Gue kecewa kalo NETMEDIATAMA Masuk ke Zona Nyaman�� ngikutin TV lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah menurut saya NET. sedang keluar dari zona nyamannya karena menghadirkan via vallen ini. Tinggal kita lihat saja bagaimana treatment sama arasemen yang dibuat NET untuk membuat dangdut jadi naik kelas dan cocok untuk acara sebesar ICA kalau sama treatment seperti tv lain berati NET buat ICA jadi turun kelas tapi saya yakin pasti NET buat treatment yang beda sama tv lain. Tapi saya setuju dengan komen-komen diatas semoga aja hanya line-up tambahan aja (seperti shiela on 7) bukan jadi mystery guestnya karena menurut saya via vallen nothing special sampai dibuat jadi mystery guest sampai NET sering ngetweet tentang mystery guest dan sampai orang berekspetasi tinggi sama mystery guest ini. Kalau sampe bener via vallen ini mystery guestnya saya ngak bisa bayangin gimana respon netizen yang prediksi/request line-up internasional apalig kalau nanti versus pendukung via vallen hahaha tinggal kita tunggu besok siapa mystery guest yang selama ini buat kita penasaran

      Delete
  28. Pagi ini nama via vallen udah ada di mashup dan ngak ada tambahan nama lain berati kayaknya emang dia mystery guestnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi di mashup atau promonya masih ada tulisan "and many more" ga?

      Liat pengalaman NET 3.0 beberapa hari sebelum hari H udah dihilaingin "and many more" nya dan GS nya udah fix.

      Ya moga aja tetep ada mystery guest nya walaupun kecil kemungkinan. Masih inget mas tama sama mas edo bilang: ada satu mystery guest yg kita rahasiain. Takutnya udah fix sih via vallen aja

      Delete
  29. Iya nama Via Vallen sudah ditambahkan ke mashup, blom tau pasti apakah dia memang mystery guest atau masuk ke "and many more". Tapi kalo dia yg jadi mystery guest, terduga sih enggak, tapi ya nothing special sih, gk harus dipanas2in ama mimin twitter hehe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kemungkinan mystery guest selain via vallen. Yg udah direvisi baru di mashup promo. Utk yg promo iklan masih belum ditayangin dan sebelumnya di sana masih ada "and many more"

      Delete
  30. Ini fix sih HUT/ ICA NET yg paling bikin naik turun emosi pemirsanya. Ada ada aja kejadian sama treatment yg ga keduga. Mulai GS internasional yg ga sengaja bocor gegara web ICA belum diprivate, reaksi tau GS ada yg suka ada yg ga (termasuk penulis artikel ini yg ga nyangka craig david ternyata ga terlalu dipermasalahin sama pemirsa), mash up yg terkesan "biasa", mystery guest yg belum diumumin, sampe ternyata via vallen jadi GS (Sejarah buat NET wkwkwk).

    Ini bisa jadi HUT/ ICA yg bakal paling diinget setelah NET 3.0.
    HAIL NET!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget!
      Siapa yang sangka coba artis dangdut kayak Via Vallen bakal perform di ICA5?
      Gak terduga banget kan? Ini sih gak bakal bisa dilupain wkwk.
      GEBRAKAN NET YANG LUAR BIASA HAHAHA

      Delete
    2. Sekaligus naikin traffic artikel ini juga biar ga kalah sama artikel artikel laim tentang net wkwkwk

      Delete
    3. Hehe, penuh cerita dan dinamika! Banyak juga yang terjadi di blog ini.. Setelah melihat bentuk stage dan segala persiapan sampai detik ini sih, saya cukup optimis kalau ini akan jadi salah satu pagelaran yang paling diingat! Bener, siapa yang nyangka coba ada penyanyi dangdut di acara NET?? Stasiun TV lain sih biasa aja, ini NET menn! Btw, kok ada yang nyinggung-nyinggung soal "traffic" yaa?? :)

      Delete
    4. emang bener-bener 'MOST WANTED EVENT' yak wkwk. makin ga sabar hehe

      Delete
  31. Barusan nonton video promo ICA, via vallen udah dimasukin ke list tapi masih ada tulisan "and many more". Masih ada harapan kawan kawan, tapi jangan ketinggian wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngarep apa lagi, temans? Sepertinya sih "many more" itu tinggal pelengkap, misal dancers, dll.. :)

      Delete
  32. Yup udah resmi mystery GS nya, Via Vallen. Asek asek JOSSSS!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang.. Opo kowe krungu jerit e ati ku.. Mengharap engkau kembali..

      Delete
  33. Reaksi terhadap Via Vallen sangat beragam, keliatan mana yg Good People, mana yg Good People aji mumpung, mana yg Vyanisty hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya via vallen ditaruh di closing biar penonton pada joget & wisdom closing dari host: ... NET ke Good People tetap "SAYANG"

      ��

      Delete
    2. Bisa aja sih.. Tapi menurut saya sih, yang nutup tetep Hailee Steinfeld.. Tapi, gak tahu juga.. :)

      Delete
    3. Menurut saya sih yg nutup antara Let Me Go, atau Insomnia :)

      Delete
  34. Pak wishnutama sangat ingin mengundang rich brian tapi jadwal tidak ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sempet dia utarakan sewaktu menjawab salah satu komen di IG-nya, kan.. Semoga aja di tahun-tahun berikutnya! Walaupun secara lagu, agak kurang aman, semoga ada jalan keluarnya ya.. :)

      Delete
  35. Gue ngerasa alasan net ngundang via vallen ke ICA 5 gara gara net pernah nayangin lauchingnya hp vivo di borobudur itu lho kan via vallen nyanyi lagu sayang dan momen itu agak spesial bgt karena yu nou lah net hmpir gk pernah nayangin live performance musisi dangdut... mungkin itulah alasan net kepicut ngundang via vallen krna dah namanya makin terkenal trus lagunya buming trus penyanyi dangdut yang gue julukin "penyanyi level profesional yang gk kliatan kampungan" kan dia aja tuh... genre lagu apa aja bisa dia nyanyiin nah itulah kelebihannya sbg penyanyi dangdut.... makanya gue penasaran via vallen mau "dijadiin" apa yah sama net....


    Btw di awal bulan promo ICA 5 ada nama bang reza rahardian kok lama-kelamaan namanya gak nongol lagi yah... ada yg tau knp....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya baru nyadar kalo reza rahadian udah gaada. Kalo ga salah kunto aji juga sempet masuk list GS tqpi sekarang gaada

      Delete
    2. Nama Reza Rahadian emg sempet muncul di awal, tapi gk lama kemudian dihapus. Setelah itu dicantumin nama Reza Artamevia, apa ad misskomunikasi y Rezanya Reza yg mana wkwkwk

      Delete
    3. Dlu juga sempet ada posternya muka bang reza tapi kok bisa yah tiba tiba gitu di delete namanya... apa bang reza sendiri yg ngecancel jadwalnya soalnya film nya benyamin lagi kena masalah....??

      Delete
    4. Klo miskom Reza yang mana sih gak deh kayaknya.. Kan sebelum poster dirilis, pasti udah diliat oleh semua pihak, dan gak langsung dihapus juga kan, jeda berapa hari kalau gak salah. Kalau dihapus karena masalah filmnya, saya rasa gak juga. Mungkin masih akan tampil, tapi namanya gak di list di lineup aja.. :)

      Delete
  36. https://www.instagram.com/p/Bh3hBwGhx-0/?tagged=ica5

    udah berani belum bayangin stagenya ? hehehe....

    ReplyDelete
  37. Wah gila sih bisa jadi bener kata mas edo panggungnya mau dibikin biar bisa direkam kamera dari segala sudut. Tinggal nunggu lighting sama wave test nya aja. Biasanya H-5 udah dimulai check sound segala macem sampe gladi resik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi tahun depan NET udah beragam GS yg dipanggil. Bisa jadi KPOP tahun depan udah ada di ICA/ HUT 2019.

      NET juga udah pernah undang artis KPOP 2x (PSY di oppo selfie fest, Taeyeon & Hyeoyeon SNSD pas countdown asian games 2018). Kalau dangdut di acara besar, NET juga pernah undang Ikke Nurjannah di countdown AG 2018 karena dia emang isi theme song AG 2018.

      Loncatan baru bikin NET semakin berwarna. Cuman ya yg perlu diinget antisipasi fans garis keras. Di ig NET udah mulai tercium pertikaian antara yg pro (fans) dg yg kontra soal via vallen. Moga ga gaduh sampe acara selesai tapi...

      ... Saya cinta pertikaian :)

      Delete
    2. Yg ngundang psy itu oppo. Yg ngundang taeyeon tahun lalu itu bekraf. Jadi bukan net. Net hanya penyelenggara yg diajak kerja sama. Paham??

      Delete
    3. Yass ane paham hihihi...

      Ane salah kalo gitu soal yg ngundang. Tapi dari situ kan net jadi ada pertimbangan utk undang KPOP. Intinya setiap acara gede yg ditayangin net ada pelajaran buat antisipasi net di masa depan

      Delete
  38. Yang mau tau bakalan seperti apa aransemen via vallen bisa cek ig ronaldsteven, dia arranger anniversary net dari tahun ke tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeap, sudah ada "bocoran" singkatnya. Sepertinya akan jadi penampilan yang mewah! Semoga yaa.. :)

      Delete
  39. Kalau saya pribadi sebenarnya tidak mempermasalahkan via vallen menjadi pengisi acara di ICA. Karena semua genre musik jg berhak kan tampil di panggung ICA. Cuma yg sedikit mengecewakan adalah knp harus di taruh sbg mystery gs. Ya walaupun saya tau ini langkah baru utk net menampilkan penyanyi dangdut di panggung ICA. Tp bagaimanapun tetap percaya sama net kalau acaranya nanti bakal pecah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, itu dia.. Persis seperti yang saya pikirkan! Gak ada masalah dengan Via Vallen, tapi kalau selama ini "digadang-gadang" sebagai mystery guest, saya rasa gak memenuhi ekspektasi lah! Memang, ini sesuatu yang baru bagi NET untuk mengikutsertakan dangdut di dalam acara besarnya, mungkin mereka ingin membuat momen ini selalu diingat oleh semua Good People. Ini mungkin juga menjadi bahan "jualan" agar penonton selalu bertanya-tanya. Yess, semoga pecahh! :)

      Delete
  40. love myself jadi opening bagus juga ya

    ReplyDelete
  41. Ada versi full lagu mashup nya gak sih, saya sangat suka mendengarnya, perpaduannya cocok semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana nih? Mashup kan yang sudah diupload secara resmi di akun Youtube NETMEDIATAMA. Kalau mau didengarkan, bisa dibuka disana.. :)

      Delete
  42. NET tambah 1 nominasi yg sebelumnya dibatalin: Digital Persona of the Year

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bukan dibatalin, tapi tahun lalu ditiadakan.. :)

      Delete
  43. Menurut kalian apa aja nih lagu yang akan dibawain sama Hailee & Craig David nanti??

    Kalo tebakan saya sih Hailee akan bawain Love Myself di opening, lalu Most Girls & Starving, penampilannya yg terakhir baru deh bawain Let Me Go.

    Kalo Craig David tebakanku bakal ngebawain I Know You, 7 Days, Unbelievable sama Insomnia!

    Closingnya prediksiku sih antara Let Me Go atau Insomnia ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sama.. opening saya rasa Love Myself, tapi closing Starving.. karena ini lagu musik latar mashup kali ini, dan seinget saya, di 3.0 dan 4.0, lagu yang menjadi closing adalah lagu-lagu yang menjadi musik latar mashup setiap tahunnya. Walaupun belum tentu benar juga, tapi saya rasa begitu.. :)

      Delete
    2. love myself emang di opening kok :))

      Delete
  44. The Unexpected Guest Star.
    Ekspektasi by Kunto Aji
    [Verse 2]
    Ini kenyataannya (Via Vallen is The Mistery Guest Star)
    Tinggal melupakanmu (Bruno Mars) saja
    Janji diri sendiri (Jangan berekspektasi terlalu tinggi lagi)
    Terakhir malam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu, nyanyi mulu.. Apa-apa, nyanyi.. Ini Ridwan "Jamil" yaa?? :)

      Delete
  45. Kayaknya baru tahun event ica banyak membuat pihak bekerja sama dgn net soal hadiah tiket dan hadiah lainnya.
    Kuis net dan zilingo = tiket ica, 20 juta, akses ke backstage.
    Kuis net photography dgn fuji = tiket ica, kamera.
    Kuis net dgn nokia = tiket ica dan hp nokia 2
    Kuis net = tiket ica dan voucher menginap di hotel sentul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ini emang paling banyak. Tapi aslinya sejak NET 4.0. Cuman dulu banyak di kerjasma di platform streaming buat live NET 4.0. Kalo hadiah yg segini banyaknya sih ya emang baru tahun ini. Mungkin gegara tahun uni GS cukup banyak, seenggaknya ada 25 termasuk host

      Delete
    2. Hal ini menguntungkan semua pihak. Kenapa banyak sponsor yang mau? Karena rangkaian acara ini terus diikuti oleh banyak orang, sehingga ini merupakan kesempatan promosi tinggi. Misalnya, zilingo, di awal saya belum pernah denger nama ini, tapi sekarang jadi tahu. Hotel di sentul juga bisa promo, sekaligus memberi info mungkin bagi orang-orang dari luar kota yang akan datang menonton, bisa nginep di hotel kita, lho! Untung buat NET? Tentu, keuntungan dan berbagai hadiah yg bisa ditawarkan kepada para penonton, yang membuat mereka lebih semangat lagi untuk ikut kuis-kuisnya. Untung buat penonton jelas, kemungkinan mendapat hadiah! :)

      Delete
  46. Eh tapi di posternya masih ada many more loh,tapi udah ada tulisan via vallen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berarti Via Vallen sudah fix menjadi pengisi acara sehingga namanya udah masuk list penampil, bukan "many more" lagi.. :)

      Delete
  47. LED screen sama sound speaker sudah nyala, mantap jiwa !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeliat dari mana? Penasaran juga nih pengen liat.. :)

      Delete
    2. Cek aja di ig location sentul international convention center SICC, SICC-T, SICC sentul,sama sicc sentul city

      Delete
    3. Iya, kemarin Mas Tama juga sempet live-IG dan menunjukkan stagenya, itu pertama kali aku ngeliatnya.. agak telat yaa! :)

      Delete
  48. Taun ini banyak inovasi baru yg digunain NET buat ICA nih, mulai dari kuis yg beragam serta kerja samanya, mengundang penyanyi dangdut, stage dll, dan jga invitationnya yg dibagi kelas2 (Topaz, Jade, Ruby, Sapphire, dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. beberapa hari yang lalu baru sadar kalo invitation-nya dibagi dengan nama-nama yang "unik".. bukan cuma VVIP, VIP, dan lain-lain. Ini cukup menarik sih, walaupun ini sebenarnya hal "minor", tapi menunjukkan kalau pihak NET detail dalam mempersiapkan segala sesuatunya.. (gak berlebihan lho) :)

      Delete
    2. Dan entah kenapa tahun ini dalam satu minggu menjelang ICA para presenter2 NET tidak mengenakan Jas Official NET. Padahal ini salah satu yang saya tunggu tiap HUT NET. Seneng aja lihatnya.

      Delete
    3. Iya juga ya, baru inget juga.. hehe! Tapi, mungkin tradisi itu dilakuin sebelum HUT, ini kan ajang ICA, jadi mungkin bakal dilakuin nanti seminggu sebelum HUT.. semoga masih! Bener.. ngeliatnya rapih dan enak gimana gitu.. :)

      Delete
  49. Baru kepoin dancer onframe. Kayaknya bakal menarik sih ICA 5.0 besok kalo ngeliat dari konsep dance mereka.

    Yg buat via vallen lucu banget jadi ga sabar pengen liat live wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, aku penasaran banget sama penampilan Via Vallen.. semoga "beda" dan gak mengecewakan penonton, termasuk yang saat ini mungkin masih kurang srek.. Semoga image dangdut juga bisa membaik buat sebagian kalangan.. :)

      Delete
  50. Barusan liat running text di net 12 'Camila Cabello siap berikan kejutan pada fanspekan ini' (kurleb gitu sih). Ini kok jd ngarep Camila ke net 5.0 ya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh.. jangan kebanyakan berharap yaa, haha! NET aja udah gak janji ada mystery guest lagi, lho.. :)

      Delete
    2. itu surprise release camila x pharrel atuh

      Delete
  51. Kok kga pada ngikutin sctv music award? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw udah 2x ini sih sctv music awards selalu deket sama HUT NET dan kayak "tiba tiba" ada setelah NET prescon

      Delete
    2. Iya sih, tahun kemarin tgl 16 Mei dan tahun ini tgl 27 April. Mungkin untuk mencari audience supaya melirik acara tersebut dulu sebelum lihat acara Ultah dan ICA-nya NET. ?? entahlah

      Delete
  52. opening : Hailee - Let Me go
    closing : Craig David - I Know You

    cuma prediksi saja... hehehe...

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. ������

    ReplyDelete
  55. udah keliatan stage Lightingnya bakal kece :)

    ReplyDelete
  56. https://www.instagram.com/p/BiD48icA9Hi/ udah sesuai apa yg di omongin mas edo, dari samping ketce. Thebestttttt dehh

    ReplyDelete
  57. pink topaz masuk nya kategori apa ya??festival / vip?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blue sama Pink Topaz termasuk VIP walaupun gk pas ditengah banget.

      Delete
  58. Kenapa virgoun gak jadi bintang tamu ica 5.0 ya ? , padahal lagu nya pada hits, mungkin net ada pemikiran lain yang kita tidak tahu , atau mungkin jadwal nya kurang pas. Tapi yang penting net selalu jadi televisi terbaik di Indonesia, sukses terus net tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan telat invite dia keburu ada acara lain... Ex : Agnes Mo & Rich brian

      Delete
  59. spoiler rehears light balance.
    diantara spoiler2 rehears yg udh bertebaran.
    rehearsnya light balance yg bikin gue ngomong... "gillaaakkk!!!"
    https://www.instagram.com/p/BiH1N8BFlJy/?taken-at=1029592305

    ReplyDelete
  60. Via vallen ft. Boy William??!
    Hmmm...

    ReplyDelete
  61. Sound nya sayang sekali banyak bermasalah :(

    ReplyDelete
  62. Helloooowww
    Gak terasa ya acara yang kita perdebatkan sudah selesai HAHA
    Debat guest star,mashup, guest star rahasia wkwkw, dann yang gw gak sangka sangka via vallen petcahh huehehe mkasih telemisi dari bulan februari gw udh pantengin nih blog sukses terus!! Sampai jumpa di ica 6.0 dan net 6.0 (sesuak pak tama bilang tahun depan dipisah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya selesai juga! Terima kasih juga udah mentengin dan ngikutin semua perkembangannya! Amin, terima kasih yaa! Btw, tetep bakal ada artikel rutin yang gak kalah menarik lho.. :)

      Delete
  63. Btw, emang ada problem Audio ya?
    Perasaan pas di SICC aman-aman aja kok.

    ReplyDelete