Surat Cinta Untuk Para Crew Televisi! - TELEmisi

Sunday, April 29, 2018

Surat Cinta Untuk Para Crew Televisi!

Instagram @wishnutama
Kalau crew stasiun televisi pada joget-joget dan bergantian disorot kamera setelah acara HUT stasiun tv tersebut misalnya, pasti crew dan stasiun televisi itu dicap alay oleh beberapa kalangan penonton. Sebenarnya kalo kita mau ngebuka pikiran kita, itu gak sebanding sama sekali lho dengan perjuangan serta kerja keras mereka di balik layar yang bahkan tidak kalah penting dengan para talent yang berada di depan panggung.

Artikel ini saya post pada tanggal 29 April 2018, tepat pada hari pelaksanaan ICA 5.0 NET. Artikel ini saya buat sebagai salah satu bentuk apresiasi saya kepada para crew NET secara khusus, maupun bagi seluruh crew televisi secara umum!

Jadi crew atau orang dibalik layar itu gak mudah!

Hal ini mulai saya pikirkan sejak saya dipercaya menjadi seorang stage manager, bukan acara yang besar-besar banget sih. Tetapi ini pengalaman yang sangat luar biasa. Saya sadar bahwa menjadi orang di belakang panggung itu sangat melelahkan dan mereka sepatutnya mendapat apresiasi yang lebih besar dari yang mereka dapatkan kini.

Mari kita bayangkan menjadi seorang crew televisi yang sedang sibuk mempersiapkan acara puncak perayaan HUT stasiun televisi mereka.

Bayangkan jadi mereka yang sejak jauh-jauh hari harus mengerahkan segenap pikiran mereka untuk merancang segala aspek mulai dari tagline acara, treatment setiap penampilan, hingga tata panggung agar acaranya dapat berjalan dengan luar biasa.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk menemukan brand serta tagline acara yang cocok saja sudah membutuhkan brainstorming yang luar biasa panjang. Mungkin ada diantara kalian yang beranggapan, “Apa pentingnya nama dan tagline acara, kan cuma tulisan doang..” Kalian harus tahu bahwa itu yang akan mempengaruhi atau menjadi fondasi dasar dari segala hal yang akan kita buat nantinya.

Lalu, seperti apa nama dan tagline acara yang tergolong berhasil? Bagi saya, sebuah tagline acara dapat dikatakan sukses kalau memenuhi dua aspek ini, mudah diingat oleh penonton serta bermakna. Salah satu nama dan tagline acara HUT televisi yang paling menarik bagi saya adalah HUT ke-15 Transmedia yang mengusung tema “TRANSMEDIA 15 YOU”. Angka 15 disini digunakan sebagai pengganti kata “IS” sehingga kalau dibaca menjadi “TRANSMEDIA IS YOU”.

Selain itu, juga cara penamaan HUT NET TV yang menggunakan ".0" dibelakang angka usia mereka. 2.0 untuk HUT kedua, 3.0 untuk HUT ketiga, dan seterusnya.

Semakin mendekati puncak acara, mereka lah juga orang-orang yang harus bangun subuh serta tidur larut malam atau bahkan tidak tidur. Mereka bahkan harus rela tidak pulang dan menginap di venue acara dengan sangat sederhana. Ini bukan cerita yang mengada-ngada, ini adalah realita yang benar-benar terjadi.

Bukan hanya sampai disitu, mereka pula yang harus siap menanggung resiko bila ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai dengan rencana menjelang hari puncak. Mereka juga harus melayani para talent pengisi acara yang akan menjalani GR dengan baik.

Ada crew yang bertugas membangun stage, mengontrol sound, nge-brief setiap penampil, mengerjakan VT, membuat aransemen musik, membuat tata cahaya atau lighting, membuat rundown, memenuhi segala riders khususnya musisi mancanegara, dan masih banyak tugas lainnya.

Bahkan saat acara dimulai, mereka belum bisa bersantai. Mereka tidak dapat sepenuhnya menikmati jalannya acara. Mereka harus menjalani job desk masing-masing baik di control room, area panggung, maupun di tempat-tempat lain. Tugas ini harus dilaksanakan dengan mulus dan se-sempurna mungkin, tidak boleh ada celah untuk kesalahan.

Hingga ketika perayaan malam puncak berakhir, barulah tugas mereka selesai. Selesai, pada hari itu. Hari-hari berikutnya, mereka masih harus melewati berbagai rapat evaluasi. Kalau sukses, ya mereka dapat beristirahat dengan cukup tenang. Kalau tidak, berbagai hal lain harus mereka hadapi.

Tahapan ini sudah sangat, sangat, sangat, saya sederhanakan. Aslinya jauh lebih sulit dan rumit dari ini.

Lalu, apakah ini merupakan tugas yang berat?

Jelas, berat sekali! Inilah mengapa orang yang ingin bekerja di industri media dan broadcasting harus mempunyai passion dalam bidang tersebut. Mereka juga harus mencintai tempat mereka bernaung karena itulah yang akan membuat mereka rela mengerahkan segala kemampuan dan tenaga mereka. Yang mereka dapat setelah sekian banyak perjuangan ini? Tentunya kebanggaan yang tak terbanding.

Ini mungkin hanya gambaran ketika para crew sedang mempersiapkan HUT atau sebuah acara besar, tapi tugas berat mereka tidak hanya terjadi setahun sekali. Acara yang tayang reguler juga membutuhkan perjuangan tersendiri. Mereka akan melewati berbagai meeting brainstorming, diskusi, hingga pelaksanaan syuting.

Jadi kepada seluruh crew televisi, terimalah ucapan terima kasih saya mewakili para penonton televisi. Terima kasih yang tidak terhingga atas segala kerja keras dan jerih payah yang telah kalian berikan demi menyajikan sebuah tontonan yang bermutu bagi kami!

Thanks for all your effort! Respect!

Sampaikan apresiasi-mu pada kolom komentar dibawah ini! #TELEmisi

44 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Selesai juga akhirnya, setelah perdebatan mulai dari guest star, mashup, guest star rahasia wkwkw
    Seru yaaa
    Dannn gw puas bgt sama acaranya
    Dari opening oke abis kece!
    Set list aja jugak kece
    Sampai closing pokoknya kece!
    Biar pun ada sedikit masalah pas craig david tapi overall KECE ABIS
    SETUJU?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BANGET!!!!! Light balance pecah dan treatmentnya pas. Via vallen yg tau sendiri kayak gimana satu sicc pada joget, hailee-craig yg lagu lagunya hacep & longlast, tulus yg perform bareng choir bikin lagunya makin hidup, pembaca nominasi yg makin asik (walaupun pas dodit baca nominasi actor of the year sempet kena semprot adipati dolken).

      Akhirnya NET bisa ngelebihi pecahnya NET 3.0 walaupun ada kesalahan di beberapa bagian

      Delete
    2. Setuju.. acara ini bisa dibilang lengkap dari berbagai aspek! :)

      Delete
  3. Via vallen tak disangka sangka ternyataa kece beratt��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. tak disangka-sangka, jadi salah satu penampilan paling kece! :)

      Delete
  4. Kan Pak Tama udah janjiin bakal buat sesuatu yang beda dan khas NET. untuk Via Vallen. Dan terbukti, petjah!!!!!

    ReplyDelete
  5. Terima kasih buat kru tv yg udah bekerja keras lebih dari penontonnya. Dan terima kasih buat telemisi yg juga ikut mengawal kualitas tv kita jadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. makasih lho! Belum lah, tapi masih selalu berusaha sih.. :)

      Delete
  6. Dan kali ini mau ngebahas ICA 5.0 semalam. Bisa dibilang ini ICA yg paling diinget dan pecah setelah NET 3.0. Cuma ada beberapa yg musti dikoreksi.

    Entah kenapa 2 hal yg jadi ciri khas NET malah eksekusinya makin nurun: audio & camera movement. Audio tadi beberapa kali sedikit bermasalah. Pas boy william mic nya sedikit ga kedengeran dan yg paling parah pas craig david nyanyi seven days menjelang selesai audionya brebet dan akhirnya "dimatiin". Ekspresinya craig david yg kaget lumayan kelihatan tapi untung dia bisa kendaliin. Dan pas Sheila on 7 perform mic duta sempet brebet brebet juga pas udah mau selesai. Padahal di NET 4.0 audio net udah bener bener gaada masalah ga kayak pas grand launching sampai NET 3.0 yg pasti ada error audio walaupun kecil.

    Dan ini yg menurut ane yg paling "ngecewain". Teknik pengambilan gambar semalem biasa aja cenderung jelek. Entah karena jumlah kamera yg dipakai kelihatannya semakin dikit, kesalahan switcher di FOH atau di control room, atau memang kameramennnya kurang bisa menyesuaikan tempo musiknya. Padahal pas beat kenceng biasanya kameramen NET bakal menyesuaikan tempo musiknya jadi kenceng. Sempet juga pas sarah sechan mau host utk lifetime achievement award harus nunggu kamera jimmi jib gerak ke wajahnya. Walapun tahun ini memang closeup ke wajah performer tapi camera movement nya jadi ga dinamis.

    Tapi diakui tahun ini memang pecah banget. Semua performer termasuk via vallen bisa beda banget pas di NET. Gebrakan tahun ini termasuk sukses.

    Semoga NET bisa semakin lebih baik dan makin baik. Indonesian choice awards semakin menjadi ajang yg prestige dan kredibel dan menghibur. Dan selamat kepada semua pemenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue cuma mau ngasih tau.
      Permasalahan utama soal sound ica kemaren tuh hanya suara kresek2 yg terdengar pada saat broadcast. Dan yg cuma bisa denger itu si artis yg perform, penonton di rumah, dan kru net yg menghandlenya.

      Jadi ketika banyak orang bilang termasuk elu kalau sound craig david itu mati pas perform 7 days iti mati sebenarnya salah besar. Craig David perform 7 days dgn menggunakan playback. Yg artinya, dia perform dgn menggunakan musik original tanpa sentuhan aransemen. Nah... Musik asli 7 days memang seperti itu. Fade out. Perlahan mulai menghilang. Coba deh dengerin versi aslinya. Akan sama.

      Jadi yg komen bilang sound pas Craig David perform 7 days itu mati membuktikan bahwa mereka bukan anak lama.. 😂😂😂

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Setelah saya menonton ICA 5.0 kemaren gw jadi ambil beberapa kesimpulan:

    1. Audio di tv agak kacau jadi euforianya jadi kurang padahal bisa pecah (mungkin pas tayangan ulang audio ini bakal dibetulin soalnya jadi highlight banget)
    2. Agak kecewa sih karena pas presscon di bilangin bakal main di camera movement tapi ternyata control roomnya telat pindah kameranya jadi keliatan ada delay pas pergantian kamera jadi keliatan banget ngak ikutin tempo musik.
    3. Hailee steinfeld & Craig david keren banget ngak salah pilih mereka dan terutama craig david pas audio berhenti untung suara dia bagus dan bisa handle jadi ngak kerasa ngak ada apa2 (dan gw bayangin gimana paniknya pak wishnutama pas audio mati hahaha)
    4. Light balance keren banget! ini sih kalau dibandingin sama gamarjobat dkk yang pernah isi acara hut net kalah jauh!
    5. Treatment Via Vallen sih emang kualitas NET ya ngak ngecewain apalagi digabung sama boy william itu mantap sih.
    6. Pembaca nominasinya makin oke ngak kaku semoga bisa dipertahanin ya.
    7. Panggung bener sih sesuai dengan omongan mas edo di presscon tapi saya ngerasa kayak masih oke paggung net ONE, 2.0 sama 3.0
    8. Kok saya ngerasa udah bosen ya sama layout SICC hahaha jadi kangen layout pas MEIS yang tinggi (sayang udah tutup) sama ICE yang luas banget jadi keliatan megahnya
    9. Sule-andre gw kira ada special show kayak pas NET 2.0 ternyata cuma ada pas opening sama baca nominasinya ya agak kecewa sih tapi gpp mereka tetep lucu apalagi pas ributin host hahaha

    Kesimpulannya sebenernya acara ini pecah banget sih pengisi acaranya bagus, treatmentnya panggungnya oke, arasemennya juga pas tapi sayang karena masalah di audio sama respon control room yang lambat akhirnya jadi berkurang kekecean acara ini. semoga bisa jadi bahan evaluasi buat ICA 6.0/entah namanya berikutnya atau bahkan buat Asian Games 2018!.

    btw gw penasaran sama bule yang ada di deretan pak wishnutama dkk sudah ada sejak grand launching NET. itu tugasnya ngapain ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo venue kayaknya akan terus di sicc soalnya NET gaperlu sewa kursi sama bikin stage khusus utk kursi penonton kayak ICE BSD. Selain itu malah penonton yg dikorbanin kalo tetep maksa di ICE. Liat aja ekspresi desta pas demi lovato nyanyi neon light kesel banget gabisa liat perform demi (padahal yg berdiri nutupin dia itu istrinya hehe).Kalo misal MEIS masih buka bisa jadi bakal terus di MEIS.

      Kalo yg bule bule di FOH itu setau ane komisaris di NET. Tapi ane juga kurang paham mereka siapa. Tapi dengeer denger mereka emang udah expert di dunia tv internasional

      Delete
    2. Wah kalau benar mereka komisaris NET berati emang NET isinya emang bener-bener yang punya passion di TV ya! bahkan CEO,komisaris dan mas Agus Lasmono mau terjun langsung di FOH dan handle acara ICA 5.0 ini. ngak kayak tv lain yang tinggal duduk dan menikmati acara doang.

      Klau venue ICE gw demennya NET. bisa buat panggungnya jadi sangat luas seperti NET 2.0 hahahaha

      Delete
  9. Kesalahan pasti ada di setiap ICA...
    Misal : ICA 2.0 yang layarnya sempat mati sebelah, dan sempat ada mistake di pergantian perform karmin dan agnez mo... Dan closingnya kurang pecah menurut saya...

    NET 3.0 hampir perfect, sayang crowd kurang dan pas perform dawin sempat nervous dan akhirnya closing kurang pecah lagi.. .

    NET 4.0 GSnya walau terbilang mengecewakan, tapi bisa dicover baik dengan treatment... Crowd ada peningkatan... Closingnya pecah dibanding 2.0/3.0 . Sayang,agak boring karena lagunya kurang bagus menurut saya... Perpindahan iklan tidak ada coming up next/jarang

    Untuk ICA 5.0 hampir perfect dari 3.0 andaikata audio dan movement diperbaiki (pastinya langsung masuk ruang editing)... Dan yang pasti GSnya lebih pecah dari 4.0 ... Sayang saat coming up next, artisnya tidak sesuai sebelumnya. ..

    Btw pembahasaan stage tunggu jam 12 an :)

    ReplyDelete
  10. nah selain dari smua kritik tntang audio nya ica net yang kena gangguan, saya juga mau nyorotin pembacaan nominasi creative inoatif of the year nya ... pas mas addie ms ngomong kyk tersendat-sendat gitu, spertinya promter yg dibaca mas addie macet teksnya makanya bisa kita liat kalo mas addie ngomongnya agak pelan-pelan gitu juga ekspresi mukanya agak kebingungan... trus anehnya dari semua nominasi hnya nominasi ini yg gak ada tayangan nominatornya.. hmm cukup membingungkan yah.... and pas buk susi masih ngomong ttg makasih sama anaknya dipotong iklan zilingo... fix dah mnrut saya pmbacaan nominasi ini paling aneh/gk kyk biasanya... emm itu aja sih kritik dari saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo prompter emang kayaknya lagi miss. Tapi kalo bu susi yg kepotong pas lagi speech itu bukan kesalahannya NET. soalnya bu susi udah kelihatan kayak mau menyudahi speech nya dg mundur dari mic dan berhenti sejenak. Tapi tiba tiba bu susi masih ngelanjutin speechnya. Kalo kalian yg di sana pasti ngira juga tiba tiba banget bu susi nambahin speech. Tapi overall ok lah. Mungkin bu susi grogi.

      Delete
  11. tapi yang tadi malem gak kayak biasanya sih, yang naik ke panggung pas selesai acara malah cuma dancer2nya aja, crew cuman dikit yang inframe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya hailee dibawa ke backstage sama bodyguard nya jadi ga terlalu sempet nikmatin closing

      Delete
  12. apa cuma saya yang sempet panik pas perform SHOUT sama Light balance (perform ke 2) ? karena dikira gak sinkron tapi emang sengaja konsepnya gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya emang sengaja kayak gitu konsepnya. Jadi sinkron.

      Btw kalo sebelum red carpet nonton the east, alurnya ternyata nyambung sama live delay red carpet.

      Delete
  13. HUT NET Ganjil (NET 3.0/ICA 5.0) tanpa footage pembuka langsung ke dalam stage
    HUT NET Genap (NET 2.0/NET 4.0) diawali dengan footage pembuka langit jakarta & SICC

    dan kebetulan Stagenya ini ada hubungannya sama penyelenggaraan ICA...
    contoh : NET ONE ICA 2014 = Stage bentuk O & satu arah (ONE)
    NET 2.0 ICA 2015 = Stage bentuk 2 arah. Lighting & grafis pas+panggung luas. bentuk seperti teater.
    NET 3.0 ICA 2016 = Stage bentuk 3 sisi. Lighting kurang,tapi untuk grafis jos. lebih sempit dibanding NET 2.0
    NET 4.0 ICA 2017 = Stage bentuk 4 arah. Lighting Grafis oke, panggung lebih luas dari NET 3.0. bentuk seperti tangga.
    ICA 5.0 2018 = Stage bentuk 5 sisi/arah. Lighting oke,Grafisnya juga mantap. Panggung juga Lebih luas dibanding 2.0/3.0/4.0 . sayang terlihat kurang kreatif.

    dan btw ada yang nyadar ga kalo NET 4.0 ini ga ada Nominee CAM (Kamera menyorot nominasi yang masuk sebelum diumumkan pemenangnya) sama sekali ? kalo ICA 5.0 masih ada walau hanya beberapa saja. di ICA 5.0 tidak ada VT untuk Nominee Creative and Innovate Person.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo vt creative and innovative person kayaknya emang kesalahan dari NET sendiri.

      Pada nyadar ga kalo pas hailee perform gaada credit pencipta sedangkan semua performer lain pake? Baru tau bisa kayak gitu. Apa emang disuruh manajemen hailee ya?

      Btw liat manajemen nya hailee agak berlebihan sih sampe hailee dibawa ke backstage sehabis perform. Ya walaupun itu emang urusan keamanan tapi orang orang NET sama mitra mereka (onframe) pasti gaakan nyakitin artis sih

      Delete
  14. Saya menyoroti audio di televisi. 1. Yang pas Craig David terdengar kresek". Itu kayaknya kesalahan teknis audio output ke televisi dan di lapangan tidak terdengar kresek" (didengar dari salah satu story Shafira e-news). 2. Saat Boy William di tv agak kecil suaranya ternyata di stage kedengaran jelas (didengar dari postingan Boy William) jelas berarti kesalahan teknis output audio ke siaran TV lagi. Itu masih analisa menurut saya. Ada lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Yup, bener banget. Jika kalian dengar di versi Live Streaming 360°nya ( https://youtu.be/WtMY5wxkEq8 ) sound didalam SICC normal tanpa kendala. Tapi yang On Air maupun yang di-live streaming-kan ini yang terdapat suara kresek2 maupun suara kurang jelas.
      -
      Terlepas dari itu semua, "Saya sangat menimati acara kemarin malam!" \😆/
      Damn! Bebeb Hailee Cantik beud 😍
      Via Vallen 💃😘🕺

      Delete
  15. https://www.youtube.com/watch?v=9VVrd-PRpzw
    cek menit 2.30, suara boy agak kecil pas perform LIVE setelah masuk ruang Editing langsung bagus... salut buat editor dan timnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw ad yg tau rating ICA 5.0 NET kemarin gk? Saya penasaran ngalahin 3.0 & 4.0 atau enggak. Oiya yg masalah audio kresek itu, saya kemaren nonton langsung, seinget saya di salah satu penampilan hanya ada suara 'tet' 2x dari audionya dan itu bukan masalah besar. Yg pasti saat 7 Days tidak terjadi apa-apa, saya sendiri kaget saat musiknya dimatiin.

      Delete
    2. ga masuk 20 besar menurut IG RatingTV. but its okay... setidaknya TTI No.1 Minggu malam kemarin... Kalo musik dimatikan perlahan mungkin emang karena musik jadul Craig David modelnya kaya gitu... kalo liat Insomnia juga gitu kok dimatiin perlahan :)

      Delete
  16. Pertama kalinya NET upload ICA di youtube sebelum tayang ulang. Perform via vallen. Pinter liat trend emang NET hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah sekarang 3 segmen diupload... Opening,GAC sama Via vallen

      Delete
  17. Tahun ini dancernya masif banget sih kalo dilihat dari jumlahnya. Biasanya sekali perform dancer onframe cuma diterjunin 10an, kemarin bisa sampe 20an dancer sekali perform. Panggung ga kelihatan melompong kayak NET 2.0 sama NET 4.0. Dan konsep dance mereka masuk sama lagu lagu yg dimainin. Mantap!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah baca artikel penilaian-ku tentang ICA 5.0? Disana saya ada menyinggung soal onFrame.. :)

      Delete
  18. Ngeliat rating NET yg gak masuk 20 besar,jujur itu diluar perkiraan saya sih. Perkiraan saya malah ICA 5.0 ini bisa masuk 10 besar karena hypenya jauhh lebih kerasa dibanding taun sebelumnya, dari segi gs pun lebih menarik. Tapi gak apa-apa deh yg penting masuk trending hehe ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kaget semi bingung.. akan saya buat bahasannya, ya! :)

      Delete
  19. Gue cuma mau ngasih tau.
    Permasalahan utama soal sound ica kemaren tuh hanya suara kresek2 yg terdengar pada saat broadcast. Dan yg cuma bisa denger itu si artis yg perform, penonton di rumah, dan kru net yg menghandlenya.

    Jadi ketika banyak orang bilang kalau sound craig david itu mati pas perform 7 days itu mati sebenarnya salah besar.

    Craig David perform 7 days dgn menggunakan playback. Yg artinya, dia perform dgn menggunakan musik original tanpa sentuhan aransemen. Nah... Musik asli 7 days memang seperti itu. Fade out. Perlahan mulai menghilang. Coba deh dengerin versi aslinya. Akan sama.

    Jadi yg komen bilang sound pas Craig David perform 7 days itu mati membuktikan bahwa mereka bukan anak lama. 😂😂😂

    ReplyDelete
  20. Tapi jujur aja nih. Pas Craig David perform insomnia. Gue deg2an parah. Khawatir suara kresek2 itu kedengeran lagi. Padahal gue cuma penonton. Yg harusnya deg2an kan krunya. Hahahhah!!!

    ReplyDelete
  21. Saya tidak terlalu paham akan dunia per-televisi-an, namun pemaparannya menambah wawasan saya

    ReplyDelete