Rapor TELEmisi: Menilai ICA 5.0 NET! - TELEmisi

Tuesday, May 1, 2018

Rapor TELEmisi: Menilai ICA 5.0 NET!

TELEmisi
Berdasarkan pengertian KBBI, kata rapor berarti “laporan (kepada yang wajib menerimanya); lapor

Berat ya.. baru kali ini saya memulai sebuah artikel dengan pengertian dari KBBI! Tapi tenang aja, tarik nafas... jangan lupa dihembuskan lagi. Tahan bentar boleh, tapi jangan kelamaan! Berat! Biar aku aja!

tribunnews.com
Tapi kalau dipikir-pikir, aku juga enggak mau lah!

Oke kembali ke topik. Saya memulai artikel ini dengan pengertian dari KBBI karena artikel ini akan jadi permulaan sebuah segmen, gimmick, atau apalah disebutnya.. dari TELEmisi!

giphy.com
Dalam segmen baru ini, saya akan menilai sebuah acara atau program yang ada di televisi. Saya akan memberikan rapor berdasarkan beberapa kriteria penilaian. Saya juga akan menentukan apakah sebuah acara lulus atau tidak! Siapa tahu nanti suatu saat di masa depan, saya bisa punya sekolah..

Oh iya, segala penilaian yang akan ada dalam segmen ini murni berasal dari saya sendiri. Saya akan selalu berusaha untuk bersikap objektif!

Oke, dalam rapor edisi pertama ini, acara beruntung yang akan pertama kali saya bahas adalah..

giphy.com
Tidak lain dan tidak bukan.. ICA 5.0 NET! Di judul sudah tertulis, ya! Gak papa.. biar lebih dramatis!

Tak bisa dipungkiri kalau ajang tahunan yang diselenggarakan NET pasti ditunggu-tunggu oleh para penonton, khususnya Good People.

Pada artikel terakhir yang saya post, bertepatan dengan tanggal penyelenggaraan ICA 5.0 NET, 29 April 2018, ada berbagai macam tanggapan dan komentar terkait acara ini. Sebelum kita masuk rapor acara ini, mari kita masuk JokKusi dulu!

PoJOK DisKUSI (JokKusi)

Buat yang belum tahu, JokKusi itu Pojok Diskusi. Disini, saya akan mengikutsertakan komentar dan pendapat kalian semua yang mungkin saya peroleh dari kolom komentar artikel lain, atau dari Twitter! Biar gak ketinggalan JokKusi di Twitter, bisa lho di-follow Twitter-ku di @BryanTvHardi! #sekalianpromo

Oke, langsung aja!

TELEmisi
TELEmisi
Nah, itu dia komentar yang terpilih kali ini, selamat!

Kembali lagi ke pembahasan utama. Seperti yang sudah saya bilang, saya akan menentukan beberapa kriteria penilaian acara ini. Setelah saya timbang-timbang, akhirnya saya menemukan 5 kriteria yang akan saya gunakan untuk “menilai” acara ICA 5.0 NET ini! Kelima kriteria tersebut antara lain tata panggung, treatment penampilan, pengisi acara, audio, dan konsep acara.

Pada aspek tata panggung, saya akan membahas mengenai set panggung. Dalam treatment, saya akan membahas penari, aransemen musik, properti yang digunakan, hingga lighting atau tata pencahayaan. Pengisi acara, akan membahas para penyanyi, host, hingga para pembaca nominasi. Audio, mengulas audio sepanjang acara. Konsep acara, adalah keseluruhan kemasan acara ini.

Siap? Langsung saja kita mulai!

Tata Panggung

Wow! Itulah kata pertama yang saya ungkapkan ketika saya melihat bocoran tata panggung untuk pertama kalinya! Walaupun mungkin tidak se-kompleks stage NET 3.0, stage kali ini tetap keren dalam aspek yang berbeda. NET 3.0 itu unik, menarik, dan beda. Sementara ICA 5.0 NET itu keren, mewah, dan elegan. Jadi, mana yang lebih baik?

Saya tidak ingin menjawab mana yang lebih baik, karena keduanya baik! Bahkan stage NET 2.0, NET 4.0, hingga SCTV Music Awards 2018 juga baik, dalam segi yang berbeda! Karena keindahan itu tidak bisa dinilai diatas kertas. Ini bukan ilmu tetap!

Saya ini anak band, dan pernah ikut kompetisi band beberapa kali. Saya paling tidak suka ketika host akan membacakan siapa yang menjadi juara, mereka mulai dengan statement, “Maka, band terbaik...” Itu selera, bung!

Nah kalau masalah selera, saya jujur lebih suka stage ICA 5.0 NET! Mereka memberikan ruang lebih untuk pengembangan grafis dan lighting. Saya akan bahas lebih lanjut di poin berikutnya.

Berdasarkan pemaparan diatas, saya memberikan nilai 9,5 / 10 untuk tata panggung!

Treatment

onFrame dancers, goks! Sekadar informasi di awal, saya tidak diminta untuk memuji siapapun dalam artikel kali ini! Dan menurut saya, onFrame layak diberikan apresiasi! Di awal, mereka menampilkan dance opening yang menurut saya sangat keren! Mereka juga mengiringi banyak penampilan dengan koreografi yang menarik. Kalau sempat, bolehlah kita berikan apresiasi, mungkin lewat IG!

Salah satu koreografi yang paling keren adalah dalam penampilan Via Vallen, salah satu penampilan headline malam itu! Memang penampilan ini luar biasa, tanpa diduga-duga! Sejak awal, banyak yang meragukannya, bahkan mencibir keputusan NET untuk mengundang Via Vallen. Namun hasilnya, luar biasa! Saya yang menonton di rumah saja berasa merindingnya, apalagi yang menonton langsung disana! Seluruh SICC bergoyang dan bernyanyi bersama!

Soal properti dan grafis, saya bisa bilang kalau saya kagum dengan tim NET! Patokan atau standar terbaik bisa saya bilang dipegang oleh NET 3.0, tetapi sekadar informasi kalau pada waktu itu, NET dibantu oleh The Squared Division. Mereka membantu mengkonsepkan setiap penampilan, beserta grafis dan properti. Sedangkan kali ini, tim NET memikirkannya sendiri!

Aransemen musik, seperti biasanya selalu keren parah! Ronald Steven selaku music arranger juga layak diberikan apresiasi! Saya sebagai anak band aja selalu kagum dan dapet banyak inspirasi aransemen ketika mendengarkan aransemen beliau. Aransemen lagunya Tulus, Suara-nya GAC, hingga tak lupa Sayang dari Via Vallen, merupakan beberapa aransemen favorit saya sepanjang malam itu.

Tim wardrobe juga keren! Oh ya, saya dapet satu cerita dibalik layar.

Screenshot
Saya tidak akan bahas lebih lanjut disini, tapi di artikel berikutnya! Tetapi, setelah mengetahui cerita ini, saya semakin kagum atas kerja keras mereka!

Yang masih bisa ditingkatkan? Mungkin perpindahan gambar dan angle kamera yang ditingkatkan. Ketika saya menyaksikan acara ini, saya jujur tidak terlalu merasa ada yang kurang dalam segi ini, tetapi ketika saya membaca beberapa komentar dan membandingkannya dengan HUT tahun-tahun lalu, memang sedikit terasa.

Untuk aspek kedua ini, saya memberikan nilai 9 / 10!

Pengisi Acara

Line-up host, tetap sama 3 tahun belakangan ini. Tetap aman dan keren! Gimmick “rebutan” jadi host juga menarik!

Penyanyi yang tampil, bisa dibilang para musisi top dalam negeri. Tapi, sekadar masukan untuk NET, boleh didengar ataupun tidak. Alangkah baiknya kalau pada tahun-tahun berikutnya, ditampilkan lebih banyak band yang tampil secara live. Setuju gak? Lalu, tampilkan musisi “baru” yang lagunya sedang meledak agar memberikan nuansa baru.

Pembaca nominasi, mayoritas juga baik. Beberapa yang patut diacungi jempol adalah duet Danang Darto, Sule Andre, serta Vanesha Dodit! Hanya saja, ada satu atau dua yang saya rasa kurang “dapat” feelnya. Mungkin terlalu terpaku kepada teleprompter.

8,5 / 10!

Audio

Nah, ini dia! Kenapa saya pisah elemen ini menjadi satu inti pembahasan sendiri? Mau ngejatohin nilai keseluruhan? Gak lah! Saya gak sejahat itu! Saya memang sudah berencana untuk membahas aspek audio sejak sebelum penyelenggaraan ajang ini jadi saya akan tetap membahas aspek ini!

Dari sekian aspek acara, aspek ini yang mungkin mendapat banyak sorotan dari para pemirsa. Saya juga belum tahu secara lengkap mengapa pada beberapa kesempatan audio mati, volume mic agak kecil, dan mengalami sedikit gangguan. Kalau saya sudah mendapatkan informasi lengkapnya, akan saya jelaskan di artikel lainnya.

Salah satunya adalah ketika mic Boy William suaranya tidak keluar dengan jelas di awal-awal bagian rap-nya. Tetapi, dalam versi yang di-upload ke Youtube, audionya aman! Maka, saya menyimpulkan bahwa ada masalah pada broadcast audio ke tayangannya, karena ternyata audio di SICC-nya aman!

Bagaimanapun, para tim audio tetap layak mendapatkan apresiasi atas kinerja mereka! Jangan sampai kesalahan sedikit, membuat kita melupakan keberhasilan lainnya! Shout out buat tim audio!

7,5 / 10!

Konsep Acara

Aspek terakhir, yakni secara keseluruhan. 1 jam awal, saya tidak henti-hentinya kagum! Penonton terus dibombardir tayangan dan treatment yang luar biasa! Dari ciri khas opening NET yang tahun ini bahkan lebih baik lagi menurut saya, lanjut Love Myself-nya Hailee, langsung dihajar treatment opening host, lawakan Sule-Andre-Vincent-Desta, Light Balance, dan seterusnya.

Jam kedua, ada penampilan Tulus yang bikin merinding, medley 3 lagu Hailee yang asyik-asyik, dan penampilan-penampilan spesial lainnya. Saya masih sangat menikmati dan enjoy. Jam ketiga, jujur saya mulai sedikit merasa bosan walau masih tertolong penampilan Via Vallen. Selanjutnya, tidak ada penampilan yang benar-benar spesial sehingga saya mulai bosan hingga Starving-nya Hailee yang menutup acara ini.

Membuat penonton tetap fokus selama 2 jam, tidaklah mudah! 2 jam itu tergolong cukup lama, lho! Walau begitu, alangkah lebih baik kalau setiap menitnya, selalu ada kejutan yang tetap membuat penonton tetap penasaran sampai akhir. Tentu saja bukan perkara mudah, tetapi semoga mampu!

Harus diakui juga kalau ada beberapa penampilan yang terkesan terlalu biasa, tanpa ada sesuatu yang spesial. Semoga penampilan semacam ini dapat ditingkatkan tahun-tahun berikutnya!

Ada beberapa gimmick yang saya kagumi, salah satunya “rebutan” jadi host antara Sule Andre dan Vincent Desta. Itu menarik, dan seakan-akan masih berkaitan dengan NET 4.0 sebelumnya dimana Sule dan Andre merasa iri dan bingung karena Vincent dan Desta yang selalu menjadi host.

Namun, satu hal yang menjadi perhatian saya tahun ini, penampilan para musisi internasional justru terasa biasa saja. Hanya penampilan Hailee di opening dan closing yang terasa “wow”, sisanya terasa biasa saja, apalagi kalau kita bandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Oke, keseluruhan untuk konsep acara 8,5 / 10!

Kelima aspek penilaian sudah dibahas, sekarang mari kita merata-ratakan nilai dari kelima aspek tersebut. Saya memberikan nilai 9,5 untuk tata panggung, 9 untuk treatment, 8,5 untuk pengisi acara, 7,5 untuk audio, serta 8,5 untuk konsep acara.

Kalau kita rata-ratakan, nilai yang didapat ajang ICA 5.0 NET menurut TELEmisi adalah 8,6! Maka, saya nyatakan ICA 5.0 NET.. LULUS!

Bagaimana menurutmu? Sepakat dengan penilaian ini? Atau kamu punya penilaian sendiri? Silahkan di-share di kolom komentar!

Lalu share tanggapanmu mengenai pertanyaan ini, “Setujukah kamu kalau dangdut naik kelas setelah ditampilkan di ICA 5.0 NET?” Beberapa jawaban terbaik akan saya tampilkan di artikel selanjutnya!

Udah ya.. panjang banget nih! Toh, panjang juga belum tentu lebih enak, kan! Malah bisa lebih capek.. bacanya! :)

giphy.com

34 comments:

  1. Di SICC bener-bener gaada problem audio. AMAN. Cuma ada kesalahan yg bikin stage director-nya sampe ngamuk gara-gara pas Tulus nyanyi kan ada choir, nah effect fog/kabut itu nyembur ke salah-satu choir.

    Dan lagi, Via Vallen udh upgraded, tapi Vyanisty masih (maaf) kampungan. Ada salah satu fans Via Vallen yg gabisa apresiasi penyanyi lain. Ketika yg lain berdiri saat ada yg tampil dia duduk sampe nyempitin (festival soalnya)

    Sayang banget.
    Over all, KETJE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, berarti masalah dari audio ke televisinya ya.
      Emang iyaa?? Aku gak terlalu merhatiin..
      Bentar, dia duduk di festival? Gak salah tuh?

      Delete
    2. Ah jarang mampir~
      Iya. Festival di ICA gak se'sangar' yang dikira kok. Untuk acara segede ini alhamdulillah masih banyak space untuk duduk. Bahkan pas iklan dan sebelum on-air bisa santai-santai hehe

      Delete
    3. Bukannya jarang mampir sih, tapi memang belum pernah mampir.. :(
      Oh, selama ini aku kira, nonton tribun berdiri terus sepanjang acara..

      Delete
    4. Mas, aku berkunjung ke sini mayan sering loh :( Lihat post Mengupas Mashup ICA 5.0 dan liat komenan di twitter yang post pertama deh :( yang Sweet Talk sama Starving :(

      Delete
    5. Bukan itu maksudku.. Mksdku, aku blom pernah nonton lgsg disana! Aku pikir kamu bilang aku yang 'jarang mampir' ke SICC.. :)

      Delete
  2. Sebenernya saya agak kecewa ngeliat ica 5.0 net
    tapi bisa di obati karna mereka tetep mau kerja keras dan shownya tetep bagus

    1. Ciri khas shot pengambilan gambar nya kurang sebagus di ica tahun lalu. tahun ini kebanyakan make jimmy jib dan goyang goyang (keliatan banget pas live kalo goyang cuma ga parah banget) terus juga katanya bakalan ambil shot dari berbagai angle tapi yang saya lihat malah biasa aja

    2. Persiapan nya kurang, kurang dalam arti teknis dll kayak misalnya bu susi lagi ngomong tau tau combreak. tapi tetep bagus kok show berjalan nya cuma kurang maksimal

    3. Audio kurang. ga kedengeran agak kecil ntah dari social media seperti youtube, facebook atau dari sana nya langsung masalah nya.

    4. Ditengah Acara berlangsung agak membosankan terlalu banyak pengulangan. kayak gac bawain lagu nya inikah cinta. tapi kurang pecah gak kaya tahun lalu terlalu

    5.kebanyakan edm juga, padahal yang dateng ke net belum tentu anak muda sebagian nya orang tua

    6.nominasi yang perlu di saring lagi. seperti masukin kandidat pemain game kedalam award, kalo bagian ini ya tau kan maksudnya

    7. tentang via vallen. bagus live nya kok. dan Aransemen nya juga, tapi ya biasa aja kirain bakal ada wow gitu

    8. sama kayak no 4 durasinya agak kelamaan. terutama chit chat pas nominator padahal mungkin bisa di cepetin terus waktu renggang nya bisa buat artis international nya speech gitu di panggung (gak cuma nyanyi aja)

    9.segi lightning bagus cuma agak kurang wah seperti tahun lalu

    10. apalagi ya ? jangan di pisah pisahin antara live tv dengan live social media soalnya jadi pusing penonton

    udah deh segitu aja

    Jadi sebenernya agak kecewa karena gak sesuai ekspetasi yang di bayangkan
    cuma acara shownya tetep bagus.

    tapi tetep salut meskipun ada kesalahan teknis para crew yang bertugas tetep memberikan yang terbaik, mungkin abis di upload atau re run ica 5.0 mereka edit lagi untuk memperbaiki suara sama rubah pengambilann gambarnya

    pesan buat yang baca mungkin ada disini salah satu yang kerja di net. tolong jangan di banyakin nyorot ke muka penonton. karena pas tayang re run kita sebagai penonton pengen liat show artis nya lebih lama

    semoga tahun depan lebih baik lagi deh

    udah segitu aja jadi kepanjangan deh ini kek artikel :p






    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. komentar yang mendetail sekali! :)

      Delete
    2. bener tuh lightningnya kurang dari tahun lalu
      bagus tapi kurang WAH gitu kayak ada yang kurang tapi susah juga di jelasin

      Delete
  3. Bagi saya, tidak mengecewakan. Stage nya mewah. Openingnya bagus. Apalagi pas via vallen, dangdutnya naik kelas internasional. Pakaiannya juga nggak terlalu norak, ditambah sound sama lightning nya cetar

    ReplyDelete
  4. Saya ingin menyimpulkan apa yang saya dapat dari ICA 5.0 NET kemarin.

    1. Stage
    Ini beneran wah sih. Omongan mas Edo di presscon terbukti bukan basa basi belaka, viewnya emg berbeda dari setiap sisi. LED jga gak nanggung2!

    2. Lighting
    Kalo diliat2 lagi, emg bener moving lighting taun ini lebih banyak dari taun sebelumnya, namun memang permainannya 'kurang' tapi overall dari segi lighting tetep memukau seperti biasanya.

    3. Audio
    Ini sih yang bikin speechless. Saya nonton langsung di bagian tribun, dan audionya bener2 wah. Jernih, bassnya pun dalem banget, treble sama vocalnya jga pas, pokoknya perfect deh Clair Bros sama tim audio NET. Dan saat perform Starving terakhir, saya pun pindah ke festival. Saya berdiri tepat di samping speaker yg outputnya +3000W,tetep nyaman!

    4. Shots Camera
    Shots Camera di bagian awal kalau saya perhatikan (saya tidak terlalu fokus ke situ) shotnya cukup bagus dan gk monoton. Nah saat banyak yg bilang monoton, mungkin berkaitan juga dengan penonton. 2 jam terakhir acara, penonton bagian tengah mulai berkurang dan berkurang, penonton di bagian samping pun bebas untuk mengisi bagian VIP, dan menurut saya, mungkin ini juga berkaitan dengan shots kamera yang semakin terbatas untuk menghindari sorotan ke arah tribun paling pinggir yang penontonnya udah hijrah semua.

    5. Treatment
    Jujur dari segi treatment, saya cukup puas. Terutama treatment Via Vallen! Masih excited sampe sekarang, termasuk treatment2 performer lain seperti Tulus dengan Glorify The Lord Choir, GAC dengan drumbandnya, dan tentu saja treatment Hailee & Craig gk kalah apik!

    6. Dance
    Salut buat onframe. Dancenya sama sekali gk bikin kaku, jauhh dibanding tv2 lain yg kadang dancenya malah membuat penampilannya menjadi cringe. Tapi onframe ini dancenya pas banget sama musik, properti dan konsepnya bener2 ngedukung!

    7. Konsep Acara
    Overall konsep acara ICA 5.0 NET ini bisa dibilang lebih dari cukup. 3 jam pertama bagi saya benar2 gk bikin bosan, jam terakhir juga 'terbantu' oleh performance kedua dari Light Balance dan Hailee yang menutup acara dengan baik.

    TOTAL SCORE : 8,5/10

    *masih kecewa gak masuk rating 20 besar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nonton langsung yaa?! Gimana pengalaman disana, asyik gak?

      Delete
    2. Iya nih setelah bertahun2 akhirnya bisa nonton langsung juga. Asyik banget! 4 jam gk kerasa. Yg tadinya laper dan kebelet tiba2 ilang begitu saja sampe acara selesai :))

      Delete
    3. Wah.. jadi tahun-tahun depan bakal nonton lagi nich? :)

      Delete
  5. Gw setuju dengan postingan diatas! tapi gw rasa penampilan Hailee sama Craig David oke banget malah tapi emang treatmentnya dikit banget cuma di opening sama closing.

    btw kayaknya ada yang nanya kenapa rating ICA ini dibawah 20 besar dan menurut gw ada beberapa penyebab:

    1. Rating sudah ngak relevan lagi karena sampel yang diambil hanya sedikit dan menurut gw sampelnya juga ngak masuk ke target audience NET.
    2. Banyak orang yang lebih memilih live stream ketimbang TV bisa dilihat dari banyaknya yang menonton live stream via Youtube,Zulu, dan Twitter pas ICA kemarin dan juga banyaknya pertanyaan live sream di sosmed NET sebelum ICA dimulai. Dan alasannya ada yang sedang lembur, sedang di jalan, sedang di luar negeri,atau TV dikuasai emak.
    3. Bulan februari NET. ganti frekuensi dan belakangan ini banyak yang melaporkan sinyal NET. yang nggak bagus atau bahkan menghilang (ini mungkin karena nggak sadar kalau NET. ganti frekuensi) ini juga yang buat akhirnya audience nggak menonton lewat tv dan memilih live stream.

    Strategi NET. buat upload beberapa performance ICA kemaren juga langkah yang tepat. Buktinya video Via Vallen yang kini viewnya hampir 2 juta dan masuk trending no 1 di Indo dan fyi masuk juga di trending youtube Singapura. Dan juga video Opening yang juga mau menyentuh 700rb view dalam waktu kurang dari 1 hari (ini bingung kenapa ngak masuk trending atau mungkin dicampur dengan viewers dari luar negeri). Hasilnya mungkin berbeda kalau NET. tetap ngotot akan mengupload beberapa minggu setelah re-run sehingga membuat hypenya sudah berkurang duluan. Menurut gw dengannya video NET. masuk trending juga bisa membuat NET. semakin dikenal oleh masyarakat terutama audience Youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Gue aja yg punya tv lebih milih nonton streaming soalnya lebih jernih.
      Kalau buat trending di YouTube kalo gk salah satu akun cuma bisa ada satu video di trending YouTube.

      Delete
    2. Tapi, sepertinya yang diupload "cepat" itu hanya beberapa video saja. Mungkin yang lainnya tetap akan diupload nanti.. Dan, keputusan yang sangat tepat dengan mengupload video penampilan Via Vallen duluan, hype-nya parah! Soal rating, setuju sih! Saya akan bahas lebih lanjut soal rating, nantikan ya! :)

      Delete
    3. rating emang ga relavan. tapi jadi patokan buat televisi diindonesia
      itu yang masih jadi masalah. dan para client/pemasang terpaku ama rating yang diberikan nielsen

      kemarin saya perhatiin livestream di youtube yang nonton sekitar 50 ribu facebook 3K
      mungkin sekitar 50-100K view

      kalo view dari youtube gabisa jadi patokan karena orang bisa aja muter videonya berkali-kali

      Delete
    4. Wah trending Youtube cuma bisa 1 yah agak sayang ya karena video Hailee juga harusnya bisa masuk hahaha. Fyi video Via vallen sudah masuk trending di Singapura, Taiwan, Malaysia dan Hongkong!

      Kayaknya begitu karena NET tau bagian mana aja yang paling jadi sasaran reuploader daripada yang trending reuploader mendi NET. nya aja yang upload langsung.

      Itulah kesalahan pertelevisian di Indonesia masih terpaku pada rating yang sebenarnya udah ngak relevan lagi buat jaman digital sekarang (apalagi ada salah satu channel TV yang bangga dengan pencapaian tersebut sampai share ke media sosial mereka) dan pengiklan pun juga masih terpaku sama rating. Semoga dengan kehadiran NET. ini menunjukan bahwa rating bukan patokan dan buktinya NET bisa bertahan dengan kualitas acara walaupun dengan rating yang ngak begitu bagus. Dan saya masih berharap TV lain ikut berubah mengikuti kualitas NET dan jangan sampai NET ikutin jejak Trans yang akhirnya mengalah demi rating tinggi.

      Kalau nggak salah dulu mas Tama pernah bilang kalau malah sebenernya harga slot iklan di NET lebih mahal dari TV lain ya(?) ini malah nunjukin kalau masih ada pengiklan yang nggak ngeliat rating tv

      Delete
    5. Aku sudah sempet bikin artikel soal harga slot iklan NET, kaitan rating dan iklan, bisa disimak disini:
      https://telemisi.blogspot.co.id/2016/11/dengan-durasi-iklan-yang-hanya-3-menit.html

      Delete
  6. kira kira rating net 5.0 urutan berapa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau persisnya, yang pasti tidak masuk 20 besar..

      Delete
  7. kalo di pikir pikir. kenapa sih net sekarang suka buat pengulangan atau highlight berlebihan.
    misalnya kaya artis yang di undang. atau treatment dan rundown acara penonton jadi bosen
    kalo kasus highlight seperti rizky febian pasti selalu di highlight. berlebihan banget tiap tahun atau tiap acara kalo liat dari promo pasti paling depan urutan nya. ini saya bukan haters mas rizky kok, mau artis agnezmo sekalipun kalo tiap tahun di highlight berlebihan juga rasanya gimana gitu
    nah yang ke dua social media terutama twitter. ngerti sih tweetnya pengen lebih dekat dengan penonton tapi gimanah gitu

    kalo treatmen pengulangan jokes jokes pas lagi bacain awards atau lagu lagu yang di cover orang

    sekali lagi nulis komentar gini bukan benci atau haters. cuma keluhan dari penonton tv aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya malah pengennya Countdown Mas Tama selalu ada... hehehe...
      terlepas dari itu,memang pas tayangan ulang kemarin pas Editing keknya kurang pas malah buat saya...

      Delete
    2. Soal musisi yang diundang, saya setuju sih. Kalau hanya musisi itu-itu saja yang diundang, pasti penonton akan mengalami kebosanan. Soal Rizky, saya rasa semua musisi memiliki poster promo masing-masing kok, dan selama ini yang paling menjadi highlight itu ya musisi internasionalnya. Tentang Twitter, saya kurang mengerti apa yang kamu maksud. Apa mungkin admin yang terlalu banyak memancing "harapan" penonton? Karena menurut saya, sosial media merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap dekat sama audience. Treatment jokes, saya rasa akan terus terjadi mengingat talent NET yang mayoritas komedian. Saya pribadi sih merasa tidak ada yang salah, asalkan tetap pada porsi yang sesuai. Ini pendapatku, sih! :)

      Delete
    3. aku setuju contohnya kaya lagu via vallen.udah sebulan ini lagu itu terus di bawain ga di ini talkshow apa tonight show lagu itu terus.sebenernya gak papa juga. cuma ini udah sering banget lama lama penonton nya jadi kesel sendiri

      Delete
  8. Terimakasih atas masukan nya untuk NET.

    ReplyDelete
  9. BTW video video perform Hailee mulai diprivate. Cuma bisa diakses di playlist Performance ICA 5.0. Ada yg tau kenapa? Apa gegara lagu-lagu yg dibawain Hailee gaada credit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di upload ke channelnya hailee cek aja. kali ini semua video nya

      Delete
  10. Suka bermain permainan dengan bonus banyak????
    Mari bergabung dengan kami di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    - WA : +6287785425244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    ReplyDelete
  11. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Yakin Cuma Baca Doank??

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  12. Punya E-Wallet ???

    Tapi tidak tau mau diapakan ???

    Klik ====>Bonus E-Wallet

    Info hub
    WA: 0822 6793 2581

    ReplyDelete