Kupas Tuntas Presscon Indonesian Choice Awards 5.0 NET TV! - TELEmisi

Wednesday, April 4, 2018

Kupas Tuntas Presscon Indonesian Choice Awards 5.0 NET TV!

Trendsmap
Biasanya sebelum saya mulai menulis sebuah artikel, saya udah punya kerangka atau setidaknya tahu kemana artikel ini akan saya kemudikan, kali ini jujur saya belum tahu! Saya duduk di depan laptop saat ini, dengan modal hanya tahu mau ngebahas soal presscon ICA 5.0 NET (gak boleh salah sebut brand), itu saja! Semoga saja artikel ini jelas, gak kepanjangan, soalnya banyak banget hal di pikiran saya yang ingin saya bahas. Jadi, langsung kita mulai aja kali!

Sebelum kita membahas detail mengenai bahasan saat presscon, saya pengen menjawab pertanyaan yang sudah cukup ramai dibahas sebelum presscon ini benar-benar digelar, “Kenapa presscon telat digelar? Kenapa guest star dan nominasi mulai diumumkan lewat social media, dan bukan presscon?”

Pertanyaan kedua sudah dijawab dengan jelas pada presscon kemarin, tetapi pertanyaan pertama tidak dijawab secara gamblang. Mas Edo, selaku Head of Show Indonesian Choice Awards 5.0 NET, hanya menjawab karena presscon tidak dapat dilaksanakan pada tanggal yang awalnya direncanakan karena satu dan lain hal. Lalu kenapa?

Setahu saya, presscon awalnya direncanakan untuk digelar satu minggu sebelumnya yakni sekitar akhir Maret, namun rencana tersebut harus ditunda karena adanya sebuah kesepakatan yang secara tidak langsung “mengharuskan” NET untuk menunda presscon mereka. Tahu apa?

Itu tuh, acara dahsyat nan sensasional!

tribunnews.com
Bukan dahsyat yang ini, ya!

Udah tahu, kan? Kalau belum, bisa dicek saja acara pada tanggal 29 Maret 2018. Itu tuh, acara yang nge-blok jam tayang belasan stasiun televisi nasional!

giphy.com
NET juga ikut menayangkan acara, ‘yang disiarkan langsung dari Candi Borobudur tapi malah nayangin drama musikal remaja’ ini! Kalau masih ada yang belum tahu, mending langsung meluncur ke counter HP dulu, terus beli VIVO V9, baru browsing disitu! Pasti akan tahu!

Bukan Promosi, Ya! (bisnis.com)
Jadi, kesepakatan dengan sponsor (kaya) ini secara tidak langsung membuat mereka harus mengalah dengan memundurkan tanggal pelaksanaan presscon-nya! Akhirnya, terpilih tanggal 3 April.

Sudah terjawab dengan jelas, ya! Oke, lanjut! Jujur, saya rasa ini adalah presscon NET menjelang HUT yang paling menarik dalam beberapa tahun belakangan ini. Banyak sekali “kejutan” tak terduga yang didapat dari presscon ini.

Ya, iyalah! Kalau terduga, nanti malah jadi begini!

Brilio
Presscon Indonesian Choice Awards 5.0 NET ini menurut saya ibarat sebuah perjalanan mengendarai roller coaster! Banyak naik-turunnya! Perasaan kita diombang-ambing!

Presscon dimulai dengan membahas proses penentuan nominasi, baik untuk penghargaan musik, film, hingga penghargaan khusus. Untuk nominasi musik, dibentuk tim penjurian khusus yang menentukan nama-nama yang masuk kedalam nominasi. Sedangkan untuk film, NET bekerja sama dengan SMRC, bisa dicek sendiri kepanjangannya! Jadilah pembaca yang rajin, karena rajin pangkal pandai!

.. Kalau ini PANGKALan ojek!

kompasiana.com
Pembahasan ini sih masih biasa, belum menarik! Pembahasan mulai menarik ketika Mas Wishnutama membahas mengenai nominasi program televisi. Sudah berkali-kali, dia menekankan bahwa NET ingin bersikap netral dengan tidak mengikutsertakan program NET kedalam nominasi. Namun, baru kali ini ia secara gamblang menyatakan bahwa sebenarnya dari 5 program terbaik berdasarkan riset, ada 2 program NET, bahkan ada yang menduduki posisi tertinggi! Namun, ia meminta agar kedua program tersebut ditarik, demi netralitas! Ia menyatakan, biarkanlah penonton yang menilai apakah program mereka berkualitas atau tidak. Hasil tersebut hanya akan digunakan sebagai bahan refleksi internal..

.. Jadi, gak usah kesini!

Merdeka
Udah tutup juga, kan!

Brilio
Nah, menurut kalian nih, apa sih 2 program NET yang masuk jajaran 5 program terbaik? Program apa yang menempati posisi pertama? Lalu, apakah keputusan menarik program mereka dari nominasi adalah tindakan yang tepat?

Namun, ini bukan puncak dari presscon. Tidak berselang berapa lama, ada statement yang sangat, sangat, sangat, sangat.. mengejutkan! Bahkan membuat tensi saya meningkat! Saya sampai ke dokter dulu! #berlebihan

Brilio
Statement apakah itu?

ICA (Indonesian Choice Awards) 'DIPISAH' dari perhelatan HUT NET, mulai tahun ini!

giphy.com
Sampai titik ini, saya speechless! Memang, Mas Tama sudah sempat menyatakan ide ini ketika di wawancara Sarah Sechan beberapa tahun yang lalu, saat sedang mempersiapkan HUT juga. Namun, saya tidak menduga secepat ini!

Brilio Lagi! Udah Kan, Tadi!
Oh, udah dipake ya meme-nya! Gak papa lah, ya!

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang ingin saya bahas terkait dengan pemisahan ini, tapi gak disini, ya! Soalnya masih banyak info seputar presscon yang ingin saya bahas disini.

Menurut kalian, apakah memisahkan ICA dari HUT NET merupakan ide yang baik?

Setelah informasi "mencengangkan" ini, saya pikir saya sudah bisa tenang, ternyata belum! Pembawa acara yang memandu presscon kemarin, Vannico Soekarno dan Anjana Demira (yang cantik itu), lalu mengundang Edo Wicaksono, untuk menjelaskan persiapan dari sisi teknis acaranya. Statement yang ia utarakan lagi-lagi mengejutkan sekaligus membingungkan!

Kami (NET) ingin mencoba kombinasi konten dengan lebih luas! Akan ada panggung dengan berbagai macam angle yang berbeda! Gak 360, tetapi kayak hologram! ... Kami sedang mencari kanvas terbaik, supaya para penampil dapat tampil secara maksimal!

Menurutmu, bakalan jadi kayak gimana, nih?

NET juga sempat membahas mengapa mereka mengundang Craig David dan Hailee Steinfeld, tapi saya tidak akan bahas disini juga! Pertama, karena artikel ini sudah panjang. Kedua, karena ini topik bahasan yang sangat menarik dan layak untuk lebih difokuskan. Jadi, segera!

Setelah sekian banyak surprise, ini yang menurut saya paling, paling.. mencengangkan! Wishnutama, selaku CEO NET, sempat menyatakan bahwa akan ada “Guest Spesial” yang tidak terduga-duga!

Tolong lah, NET! Jangan bikin saya berharap yang enggak-enggak!

Lanjut deh, sebelum terlalu berharap, dan akhirnya dikecewakan lagi!

Kalau kata Sheryl..

Okezone Celebrity
.. Ku belum siap, terjatuh, untuk kedua kalinya!

Tapi, kalau jatuhnya ke pelukanmu, aku siap deh! #aelah

Dalam sesi tanya-jawab, ada wartawan yang bertanya soal tagline. Apa akan ada tagline misalnya seperti #NET4GoodPeople, tahun lalu, NET menyatakan sudah memiliki planning dan semua akan di-reveal secara bertahap, jadi ditunggu saja informasinya!

Lalu, yang mungkin menjadi pertanyaan bagi yang belum menyaksikan presscon, “Kalau gitu, berarti akan ada 2 acara dari NET, dong! Buat acara tahun ini, guest internasional buat acara HUT-nya siapa? Bruno Mars?” Oke, saya jawab satu-persatu!

Iya, akan, tapi tidak tahun ini, mengingat jadwal bulan puasa. Tapi, tetap akan ada yang spesial dalam perayaan HUT mereka tahun ini! Apa?

Tumpeng Dalam Acara Chef's Table (YouTube)
Nasi tumpeng!

Udah deh, sampai sini dulu, ya! Sampaikan saja semua pendapatmu di kolom komentar! Kita diskusi sama-sama, oke!

#Bonus (Trendsmap)
Nih bonus terakhir! Lihat deh yang kanan, Anjana Demira namanya. Saya curiga, dia bukan manusia, tapi Le Minerale.. ada manis-manisnya! Manis banget, malahan! Kayaknya harus ke dokter nih, takut darah tinggi!

genmuda.com
Wah, dokternya juga sama! Gimana sih? Dokter, tapi gak tahu kadar manis yang normal? Overdosis!

16 comments:

  1. Memang ICA dipisah di HUT NET lumayan bikin kaget karena bisa secepat itu. Yang menjadi menarik jika memang acara HUT NET bakal setara penyelenggaraannya dengan ICA berati kemungkinan penyelenggaraan ICA bakal mundur ke tengah-akhir tahun karena ngak mungkin juga kan NET menyelanggarakan 2 event besar yang berdeketan dalam 1-2 bulan malah jadinya fokus terpecah.

    Entah kenapa saya lebih setuju HUT NET dengan ICA digabung atau ICA diselenggarakan dalam rangka HUT NET supaya konsentrasi NET benar2 fokus buat 1 acara besar supaya hasilnya juga maksimal (tapi terlalu dini menilai karena HUT NET juga belum diselenggarakan besar-besaran juga). Tapi positivenya kalu tetep ada tradisi ada gs internasionalnya berati ngak perlu tunggu 1 tahun supaya nonton acara berkualitas seperti ICA ini.

    Saya juga penasaran dengan mystery guestnya, entah sengaja dijadiin mystery atau emang sampe sekarang NET belum deal dan juga belum tahu apakah guest star internasional atau nasional. Tapi saya bingung dengan pernyataan pak Wishnutama yang "yang bulum tentu terpikirkan olah stasiun TV lain" ini kok jadi saya mikirnya ada special show ya. yang pasti jangan terlalu berharap tinggi deh buat mystery guestnya apalagi kalau nama-nama besar karena kalau emang nama besar itu yang jadi mystery guest kenapa NET harus nutupin? bukannya kalaudiumumin malah lebih bagus buat promosi kan dan sampe sekarang pengisi acara masih belum fixed ya masih bisa bertambah. btw saya liat di youtube liputan entertaiment news, ada 1 kategori ICA yang belum diumumin yaitu Digital Persona of The Year dan nanti di umumkan 2 minggu setelah presscon apa ngak terlalu mepet ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpang jawap min.

      1. Bukannya kalo diumumin malah lebih bagus buat promosi?

      Nanti gak surprise bang. Terlebih lagi kalo mystery ini di announce tapi ternyata belum deal. Bikin kecewa

      2. Ada kategori Digita Persona of The Year

      (mungkin) ini semacam special awarding gitu. Jadi ga diumumin secepat ini.

      Delete
  2. Ini link full Press Conference ICA 5.0, ternyata sudah diunlisted wkwkwk

    https://www.youtube.com/watch?v=_IYC4SZbchs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhh, hebat ya! Gimana sih caranya nemu video yg udah unlisted? Saya aja kemarin waktu mau buat artikel ini, gak bisa nonton lagi karena udah hilang.. :)

      Delete
  3. Jujur gw paling kaget ama dua statement itu, soal ICA & ultah NET dipisah sekaligus gs misterinya. Kalau soal HUT NET & ICA yg katanya nanti akan sama besarnya, gw belum bisa punya bayangan bagaiamana NET mengemas ultahnya nanti, ICA aja udah kece banget! Pasti ad treatment yg berbeda pada HUTnya. Terus soal gs internasional, statement ini dikuatkan dengan tanggapan dari Mas Wishnutama & Mas Edo "kita aja sampe merinding", dan gk lama, Mas Wishnuta menambahkan "belum pernah terpikirkan oleh tv lain". Saya makin penasaran, apakah itu cast Avengers Infinity War? Atau Sacred Riana yg bikin merinding? Wkwkwk. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau yg dimaksud gs internasional (entah dia musisi, pesulap, atau apa) karena "lagi digodok" Hmmmm 😕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua mikirnya jg gitu. Mystery gs nya bakal spesial, ntah itu musisi atau bukan yg jelas ini tidak terduga kaya kata mas tama hehehe. Dan gua jd penasaran bgt siapa mystery gs nya.

      Delete
  4. Nah mungkin sih menurut saya soal mystery gs nya smoga aja udh keluar pas mashupnya diupload ama net juga tapi kalo misalnya blm ada nama atau lagu mystery gs nya itu mungkin aja diumumin pas momen yg tepat... dan saya harap sih semoga mashup yg tahun ini lebih kece lagi dengan video yang pake efek keren kyk 3.0 sih kalo pake music video nya konsep mashupnya jdi kurang menarik menurut saya....
    Btw kasi saran nih pas udh awal acara ICA nya, stlh pak tama kasi stand by lighting apalah itu tolong dong langsung kasi perform nya light balance dlu bru artis gs nya biar suasannya makin pecah di awal acara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan begitu sih, Light Balance yang menjadi penampil pembuka.. :)

      Delete
    2. gue menduganya emg light balance akan perform pas opening.
      ketika mas tama mengeluarkan jargon khasnya.
      in 3... 2... 1...
      muncullah light balance dengan dance spektakuler mereka.

      Delete
    3. gue malah pengen ngeliat hailee atau craig nyanyi trus diiringi light balance sbg dancer.
      tapi gue mikir, light balance itu kalo perform pake backdrop kain hitam besar sehingga lampu mereka keliatan jelas.
      kalo hailee atau craig nyanyi diiringi light balance sbg dancer, maka hailee atau craig gak bakal kelihatan. kalau pake lampu sorot, maka akan merusak formasi tatanan lampu light balance.
      kecuali...
      1. hailee atau craig perform di posisi yg terpisah dgn light balance.
      atau.
      2. hailee atau craig perform dgn kostum yg sama dgn light balance.

      Delete
  5. Penasaran bgt sama misteri gs nya. Apalagi mas tama sama mas edo semangat bgt waktu bahas itu di prescon, kelihatan yakin bgt kalau misteri gs nya nanti benar-benar mengejutkan dan tidak disangka-sangka. Siapakah kira-kira? Ada yg bisa nebak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sampai sekarang sih belum ada gambaran sama sekali! Karena setahu saya kan tidak dispesifikkan bahwa pasti musisi mancanegara juga, dan mereka bilang belum tentu! Kalau kamu, udah ada gambaran? :)

      Delete
  6. Tiba2 setelah gw liat iklan Zilingo di NET , kepikiran juga kalo gs misterinya adalah model2 papan atas. Nyari2 info di internet nama2 seperti Gigi Hadid atau Kendall Jenner sepertinya masih masuk di kantong NET kalo emg gs misterinya adalah figur internasional. Kenapa gw kepikiran gini? Karena seinget gw, dulu di ICA/mungkin grand launching, pernah ad model2 yg melenggang saat performer sedang tampil. Jadi makin gk sabar!! ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu launching setahuku. Tapi, kalaupun iya dari kalangan model, pasti ada treatment super spesial yang disiapkan oleh NET, karena sewaktu presscon, Mas Tama aja menjanjikan sesuatu yang benar-benar mencengangkan! Ditunggu aja.. :)

      Delete
    2. komen lo masuk akal juga.
      ada kemungkinan model.
      kalau lo berdasarkan zilingo.
      maka gue berdasarkan 4 orang di video upgrade promo ica.
      2 cewek, 2 cowok.
      fashionable sekali gaya mereka.
      sepertinya model.
      get ready... to be upgraded...
      model = mystery guest?!!!

      Delete