Indonesian Choice Awards Dipisah Dari HUT NET, Yay or Nay? - TELEmisi

Saturday, April 7, 2018

Indonesian Choice Awards Dipisah Dari HUT NET, Yay or Nay?

TELEmisi
Selamat datang di artikel terbaru TELEmisi, saya Bryan, dan saya yang akan langsung memimpin pembahasan kali ini. So, seat back and relax, and have a great time! Pastikan jaringan internet aman, siapkan camilan kalau perlu..

Okezone Celebrity
.. Bukan yang ini, ya!

Beberapa hari yang lalu, saya sudah nge-post artikel yang sepenuhnya membahas tentang presscon, dari segala aspeknya..

SINDOnews
Ini mah ospek, boss!

Buat yang belum baca, monggo dibaca ya! Bisa langsung klik aja link yang ada dibawah ini!

https://telemisi.blogspot.co.id/2018/04/kupas-tuntas-presscon-indonesian-choice.html

Sudah baca? Bagus! Belum? Gak papa juga sih! Didalam kehidupan ini, gak baik untuk memaksakan kehendak kita kepada orang lain! Itu!

Beranda
Super sekali, pak Mario!

Sahabat-sahabatku yang super, tahu kan apa itu super, kalau orang terlalu introvert, gak suka bergaul..

Hipwee
.. Itu kuper, pak!


Itu mah, buat packing kalau mau berpergian..

Wartabuana.com
.. Koper, pak! Hadehh!

Kembali ke laptop!

KapanLagi.com
Salah satu hal yang paling menarik dari presscon kemarin itu adalah informasi bahwa mulai tahun ini, ajang Indonesian Choice Awards (ICA) dipisah dari penyelenggaraan HUT NET.

Apakah ini adalah keputusan tepat yang diambil oleh NET? Lalu, apa memang sebaiknya dilakukan sekarang?

Saya akan membahas segala sisi terkait hal ini dalam kesempatan kali ini! Kalian siap? Baterai siap? Jaringan internet siap? Saya.. TIDAK! Tidak sabar lagi, maksudnya! Oke, langsung saja kita mulai, dari nol, ya!

memecomic.id
Tidak bisa kita pungkiri kalau ajang Indonesian Choice Awards (ICA) merupakan sebuah ajang atau kegiatan yang sudah sangat melekat ketika kita berbicara mengenai HUT NET setiap tahunnya, sehingga keputusan untuk memisahkan perayaan ulang tahun mereka dengan ajang ICA, merupakan sebuah langkah yang berani.

Wajar saja bila ada yang mendukung serta yang tidak, karena segala hal atau dobrakan tentunya akan melahirkan pro dan kontra..

.. Kayak kawin aja, ada yang kontra!

Merdeka
Itu kontrak, bang!

Di dunia ini, yang paling kasihan kalau diajak kawin kontrak itu si Thor, nanti jadi..

MITRA RENOV
.. KontrakTHOR!

giphy.com
Sebenarnya, ide ini sudah sempat diungkapkan oleh Wishnutama pada saat di wawancara oleh Sarah Sechan, beberapa tahun silam. Kalau saya tidak salah, disaat mereka sedang mempersiapkan HUT mereka yang ke-2, bertajuk NET 2.0, yang pada waktu itu mengundang Karmin dan Demi Lovato. Sehingga sebenarnya, ide ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru dan tidak terduga sama sekali. Tetapi yang mengejutkan bagi saya adalah momen waktu yang terasa cukup cepat. Pada waktu diwawancara dulu, Mas Tama menyampaikan bahwa mungkin “suatu hari” nanti akan ICA dipisah.

Tetapi, kalau kita lihat dari sisi yang lain, kalau baru dipisah setelah penyelenggaraan HUT yang ke-20, misalnya, akan jauh lebih sulit untuk membiasakan penonton karena branding yang sudah teramat kuat! Jadi, informasi ini mengejutkan, tapi saya cukup mendukung keputusan NET sampai titik ini.

Kalau kita ingin ditanya, apakah pemisahan ini menguntungkan bagi pihak NET? Tergantung dari sisi mana kita melihat hal ini. Menguntungkan dari segi pendapatan para sponsor? Mungkin, iya. Kalau biasanya mereka mungkin mematok slot 3 sponsor utama dengan beberapa sponsor sampingan untuk acara perpaduan HUT dengan ajang ICA, mereka dapat mematok jumlah sponsor yang sama untuk 2 acara yang dipisah, jadi 2 kali lipat!

Namun, hal ini bisa juga merugikan dan menyulitkan para crew yang tingkat ke-stress-an-nya akan berlipat hingga 2 kali, bahkan lebih, karena harus memikirkan 2 konsep acara. Membuat satu acara saja sudah menjadi beban yang sangat luar biasa, apalagi dua!
Tokopedia
Membuat dua acara spektakuler itu tidak semudah membuat mie instan kemasan berisi dua!

Ini juga mungkin meningkatkan tingkat pengunduran diri para karyawan yang tidak sanggup lagi!

giphy.com
Terdapat pula beberapa dampak negatif lain yang mungkin saja terjadi. Saya menyampaikan hal-hal ini semata-mata agar kalian, para pembaca, tahu dan memiliki bayangan akan apa saja hal terburuk yang mungkin terjadi. Kita tentu berharap agar ini tidak terjadi. Kalau ada orang NET yang membaca ini, semoga ini juga dapat menjadi sinyal warning bagi NET, dan mempersiapkan segalanya dengan lebih maksimal!

Pertama, ada kemungkinan hype-nya jadi turun karena kehebohannya jadi terbelah menjadi 2. Selama ini kan, orang-orang membahas tentang nominasi, international artist, kemungkinan treatment, dan lain-lain dalam masa yang sama. Kalau dipisah ke dalam dua jangka waktu yang berbeda, ICA dulu baru HUT, ada kemungkinan antusiasme para penonton tidak sebesar sekarang.

Kedua, disaat para crew “dipaksa” untuk lebih memikirkan kedua acara ini, ada kemungkinan acara daily mereka kurang diperhatikan. Dalam hal ini akan mengakibatkan kepada kurangnya inovasi dan stagnasi. Acara-acara mereka juga akan terasa membosankan. #biarkeliatanpinteraja

Terakhir, tidak ada acara yang dapat digarap secara maksimal karena fokus terbelah dua. Kualitas dan mutu kedua acara justru jadi menurun dan tidak maksimal. Sekali lagi, semoga hal ini tidak terjadi!

Jujur, satu hal yang juga saya pertanyakan, kenapa harus dilaksanakan dalam jangka waktu “hanya” sekitar 1 bulan, bahkan kurang, kalau ICA dilaksanakan setiap akhir April, dan HUT setiap pertengahan bulan Mei. Kenapa tidak dalam jangka waktu lebih lama, misalnya sekitar 3 bulan, Februari dan Mei? Kalau ada yang punya pendapat, boleh dishare!

Bicara soal musisi internasional, apakah mungkin akan mengundang 2 musisi pada setiap acara atau 1 masing-masing?

Jadi, kamu di team mana, #TeamPisah atau #TeamGabung?

6 comments:

  1. Bro, saya sdh ikuti presscon itu dan sdh diberitahu bhw tdk ada perayaan ulang tahun NET selama tgl penyelenggaraannya bertepatan dgn bulan Ramadan atau Lebaran utk beberapa tahun kedepan. Jadi perayaan HUT NET akan digelar secara sederhana melalui tumpengan dlm acara Ini Sahur. Semoga informasi lanjutan ini bisa membuat yg lain bisa memahami. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeap, tapi tahun-tahun depan kan kemungkinan besar ada 2 acara besar. Jadi artikel ini membahas dalam jangka waktu panjang, kalau untuk tahun ini memang sesuai apa yang kamu sampaikan! :)

      Delete
  2. Kalau menurut saya soal waktu pasti tidak mungkin sesingkat itu. Untuk kedepan jika memang sudah benar-benar dirayakan secara terpisah pasti jarak waktu antara ICA dan HUT Net lumayan jauh. Utk tgl ICA sendiri sepertinya tidak berpatokan pada bulan April seperti sekarang. Karena HUT Net bulan mei bisa jadi kedepannya utk ICA akan diundur mungkin diatas bulan Juli. Semoga nanti Net nggak keteteran, mengingat betapa susahnya menyelenggarakan dua acara besar seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, soalnya sewaktu presscon, kalau saya tidak salah ada yang mengatakan kalau HUT tetap Mei, dan ICA digelar setiap akhir April. Saya gak tahu apa sekadar "halusinasi" saya, atau memang ada yang menyatakan hal serupa. Kalau memang ada, saya rasa akan menjadi sebuah beban yang sangat berat bagi para crew NET! :)

      Delete
  3. Ada kemungkinan juga ICA ditaruh setelah HUT NET. Mungkin setelah bulan agustus hingga desember. Cuma untuk urusan tingkat stress kru yg mungkin meningkat, bisa jadi NET udah antisipasi buat tim yg berbeda: Tim ICA dari anak MDP di tahun yg sama, dan TIM HUT yg bisa dari kru tetap. Itu baru kemungkinan sih, soalnya kalo diperhatiin kan tahun ini gaada MDP dan kru NET 4.0 juga mungkin diterjunkan lagi di tahun ini karena tahun lalu "bisa jadi" banyak yg belum puas dan nama mereka belum ada di credit title closing NET 4.0 karena perform Jonas Blue yg By Your Side belum diupload sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya belum di-upload, tapi sepertinya tidak akan diupload deh.. Soal waktu pelaksanaan, saya sih gak terlalu peduli yang mana yang digelar terlebih dahulu, asalkan secara durasi waktu tidak terlalu mepet agar tidak memberatkan tim dan memberi rasa antusiasme lebih bagi penonton juga! Untuk tim yang berbeda, hal ini juga sempat saya pikirkan sih, mungkin aja ada pembagian, tapi kalau semua anak MDP, yang notabenenya baru digabungkan menjadi satu, ada kemungkinan mereka belum siap.. Mungkin tim campuran akan lebih ideal.. :)

      Delete