Mengapa HUT NET ke-5, ICA 5.0 NET, Digelar Pada Bulan April? - TELEmisi

Friday, March 30, 2018

Mengapa HUT NET ke-5, ICA 5.0 NET, Digelar Pada Bulan April?

Logo Pada Iklan Resmi ICA 5.0 NET (NetInsight)
29 April 2018 sudah dipastikan menjadi tanggal pelaksanaan HUT NET yang ke-5. Informasi ini sudah beredar di sosial media sejak 17 Maret 2018. Saya mendapat kabar ini dari beberapa rekan yang sama-sama “Kepo” dalam mengamati perkembangan HUT NET. Lalu, Laissti juga sempat memposting video teaser ICA 5.0 NET di IG Story-nya disertai angka 29.04.2018, yang diyakini mengarah pada tanggal 29 April 2018.

IG Story Laissti
Kepastian ini baru benar-benar didapat beberapa hari sebelum artikel ini di-publish, dari iklan resmi NET 5.0 yang mencantumkan tanggal 29 April sebagai tanggal pelaksanaannya.

Kok cepat sekali? Biasanya bulan Mei, ah! Ada apa ini? Kenapa?

Kaget? Sama! Bingung? Sama! Jujur ya, 29 April 2018, itu benar-benar diluar perkiraan saya. Pada artikel “Prediksi Musisi Mancanegara yang Akan Diundang dalam HUT NET 5.0”, saya menebak bahwa perayaan HUT NET tahun ini akan dilakukan antara pada tanggal 6 atau 13 Mei 2018.

Namun, ketika saya tahu bahwa HUT mereka yang ke-5 tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 April 2018..

giphy.com
Karena kedua tanggal prediksi tersebut yang menjadi pegangan saya untuk membuat prediksi nama-nama musisi yang mungkin diundang, dan tanggalnya saja melenceng, jadi harap dimaklumi kalau prediksi tahun ini tidak ada yang sesuai!

Bukan bermaksud melakukan pembelaan diri, ya! Artikel ini saya buat bukan sebagai sarana “pembenaran diri” dari hasil prediksi saya yang tidak tepat! Nih, saya dibelain KBBI!

https://kbbi.web.id/prediksi
Jadi, tidak ada keharusan bagi sebuah prediksi untuk benar, kan! Kalau yang pasti benar itu, namanya bocoran! Dan bocoran itu tidaklah baik! Nanti bisa basah!

"Kenal Gak, Sama Nih Bules?" Google Images
Udah, udah, kebanyakan bercanda! Sekarang fokus, "Kenapa cepat sekali? Kok maju sampai bulan April?”

Sampai artikel ini saya rilis, saya masih belum mengetahui secara jelas mengapa bisa digelar pada bulan April! Walaupun April akhir, sudah mendekati Mei, tetapi kan tetap bulan April! Mengapa tidak digelar tanggal 6 Mei? Toh, hanya beda 1 minggu kan! Lagipula, kalau begitu, siapa tahu ada prediksi saya yang benar! Masih maksa, ya!

Berdasarkan analisa saya, ada beberapa kemungkinan mengapa HUT tahun ini digelar lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sekadar informasi, berdasarkan riset kecil-kecilan saya, berikut ini adalah tanggal-tanggal pelaksanaan HUT tahun-tahun sebelumnya! Kalau ada yang salah, tolong bantu di-infokan saja ya. NET One itu digelar pada tanggal 18 Mei, NET 2.0 tanggal 24 Mei, NET 3.0 29 Mei, dan NET 4.0 pada 21 Mei. Sehingga ini adalah pertama kalinya acara HUT NET tidak diadakan pada bulan Mei.

Oke, langsung saja membahas analisa saya!

Pertama, menyesuaikan jadwal musisi internasional yang diundang. Bisa jadi, tanggal HUT tahun ini sedikit dimajukan untuk disesuaikan dengan jadwal musisi internasional yang diundang.

Kedua, mungkin agar waktu pelaksanaannya tidak terlalu dekat dengan bulan ramadhan, dan agar tim memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan program bulan ramadhan mereka. Namun, jika ini adalah alasan utamanya, seharusnya ini juga mempengaruhi pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya tahun lalu. Tetapi, tidak! Tahun lalu masih dilaksanakan pada bulan Mei, tepatnya 21 Mei 2017, selang satu minggu sebelum bulan Ramadhan.

Ketiga, agar setelah segala yang berkaitan dengan HUT usai, tim NET memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan opening Asian Games. Seperti yang kita ketahui, Wishnutama, selaku CEO NET, dipercaya untuk meng-handle opening ceremony dari ajang Asian Games yang akan digelar tahun ini, di Indonesia.

Ada juga kemungkinan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor teknis lainnya. Misalnya, SICC sebagai venue acara tidak dapat dipakai pada tanggal-tanggal yang awalnya diinginkan. Atau mungkin, ini memang dilakukan secara sengaja oleh NET yang ingin melakukan re-branding perayaan HUT mereka. Persepsi ini didukung juga oleh adanya perubahan pola nama acara yang kini menjadi ICA 5.0 NET, dimana jika kita mengikuti pola sebelumnya menjadi NET 5.0 Presents Indonesian Choice Awards 2018.

Saya tidak akan membahas ini disini, karena nanti akan menjadi terlalu panjang. Kalau kalian ada ide, apa hal menarik yang harus saya bahas berkaitan dengan ICA 5.0 NET, bisa diinfokan di kolom komentar! Pengen berdiskusi seputar ICA 5.0 NET, boleh banget di kolom komentar!

Ingat, faktor diatas hanyalah kemungkinan-kemungkinan berdasarkan analisa saya. Semoga pada saat konfrensi pers HUT NET 5.0 nanti, pihak NET dapat memberi kejelasan mengenai mengapa pelaksanaan HUT NET tahun ini dimajukan hingga akhir April. Kalau ada wartawan yang membaca ini, dan diundang untuk menghadiri presscon NET, tolong tanyain dong! Atau kalau ada pihak NET yang membaca artikel ini, undang saya dong ke presscon-nya! #ngarep

Kalau bisa, tiketnya juga dong! #bercandatapingarep

giphy.com
Oke deh, pokoknya terus pantengin TELEmisi, saya akan bahas segala hal yang berkaitan dengan ICA 5.0 NET, alasan mengapa Hailee Steinfeld dan Craig David yang menjadi guest star, kenapa presscon telat, kapan mashup rilis, hingga nominasi. Soon! #TELEmisi

31 comments:

  1. mungkin ga ya kalau ica sama net anniversarry digelar terpisah? karena brandingnya ica 5.0 bukan net 5.0. dan menurut saya agak aneh kalo rilis nama pengisi acara hut tapi nggak gelar presscon. nggak kaya biasanya

    fyi saya dapat bocoran untuk acara 29 april line up nya cuma ; hailee, craig david, light balance, sheryl, rizky, chandra liow, isyana, raisa, gac, glenn, tulus, anji, shout

    kalo line up cuma segitu buat acara sekelas anniversarry tv kayanya sangat kurang yah.
    well, let's wait and see aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mungkin saja sih, tapi sepertinya belum untuk tahun ini. Kenapa gak ada presscon? Bukannya tidak ada, tapi karena satu dan lain hal, harus sedikit ditunda dari rencana awal. Saya akan segera bahas ini di artikel berikutnya! Iya, pada iklan yang sempet ditayangkan juga begitu.. Tapi sekadar informasi, dari tahun-tahun slalu, pengisi HUT NET gak pernah banyak-banyak amat kok, tapi maksimal, bisa tampil 1-2 kali. :)

      Delete
    2. Iya menurut prediksi saya jg demikian. Plaksanaan ICA dan HUT NET bakal dipisah

      Delete
    3. Apresiasi buat NET yang berani keluar dari ZONA NYAMANNYA dengan memisahkan ulang tahun TV dan ICA. Kelihatan skali dengan memisahkan kedua acara ini sponsornya jadi berkurang, ini efeknya ke GS yang akan di undang. Ini sekaligus menampar TV lain Klw NET serius dengan ICA. Apalagi akhir-akhir ini kualitas siaran televisi, musik dan film indonesia yang lagi buruk-buruknya. Yang saya akui NET tidak mengikuti keinginan penonton dan netizen indonesia yang mintanya aneh-aneh untuk tampil diacara mereka. Mungkin tahun-tahun yang akan datang ulang tahun NET tidak dirayakan lagi. Marilah kita fokus ke awardnya bukan ke GS yang akan didatangkan.

      Delete
  2. Pressconnya kpn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @DavalSten mungkin tidak ada Pressconnya. Semuanya sudah jelas di media sosial NET siapa yg diundang, tanggal acaranya, nominasinya, bahkan siapa panelis dari ICA,
      Menurut saya Ini adalah strategi NET. Kenapa tidak ada hut NET mungkin mereka tdk mau mengikuti TV lain yang acara ulang tahunnya dirayakan tiap tahun tapi tidak berdampak bagi penontonnya.

      Delete
    2. Setahu saya sih, tetap bakal ada presscon. Walaupun mungkin kita sudah tahu guest starnya.. presscon tetap menjadi wadah resmi untuk menyebarkan kabar ini kepada media-media lain. Selain itu, presscon juga dapat menjadi kesempatan bagi para juri ICA untuk mempertanggung jawabkan keputusan mereka pada setiap nominasi, yang mungkin menarik dan diluar dugaan para penonton! :)

      Delete
  3. Kalo maju ke bulan April gara2 menyesuaikan gs, kayaknya sih bukan itu alasannya, apalagi mengingat gsnya masih di level Hailee Steinfeld dan Craig David. Kalo menurut saya pribadi, NET memajukan ICA ke akhir april untuk mempersiapkan acara ramadan, plus... (ini tebakan saya doang y) meluncurkan program2 baru bertepatan dengan HUTnya. Feeling saya sih begitu, kalo ngadain event besar di tanggal HUTnya rasanya masih belum mungkin, yg paling mungkin meluncurkan program2 baru yg lebih fresh dengan kejutan lainnya! ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi begini ceritanya, draft artikel ini sudah saya buat jauh hari sebelum musisi mancanegara diumumkan. Awalnya kan, saya menduga dan berharap bahwa musisi yang diundang adalah musisi yang saya prediksi, atau musisi top lainnya seperti Bruno Mars, sehingga ide pertama yang muncul adalah karena tanggalnya menyesuaikan guest star. Setelah diumumkan, saya berniat menghapusnya, tetapi menurut saya, gak ada salahnya tetap di sertakan itu agar pembaca sendiri yang menilai mana yang paling tepat. Program baru? Mungkin saja! :)

      Delete
  4. moga aja ada NET 5.0 present Opening Asian Games 2018 #ngarepdotcom

    btw,memang dimajuin Akhir April kayanya emang HUT NET ga selalu Mei (dan karena puasa juga),tapi selalu di akhir bulan (18-31an). dan selalu saat hari minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kan opening Asian Games punya bersama! Kalau soal hari Minggu sih iya, tapi kalau soal tanggal, saya rasa itu hanya kebetulan saja. Masa tim NET memutuskan untuk melaksanakannya pada tanggal 29 April karena Minggu depannya, awal Mei? Saya rasa sih gak juga ya! Mungkin memang karena puasa, ya. :)

      Delete
  5. dan adanya Anji Sule Andre dan Reza Rahardian membuat saya penasaran.... apakah mereka akan memberikan "show" tentang Televisi seperti yang di NET 2.0 dan Grand Launching NET.
    beruntung Craig David ketolong sama Hailee, seperti Robin thicke yang ketolong Jonas blue hihihi...

    kalo saya baca baca,Craig david ini sebenernya 11-12 sama Robin Thicke,lagunya emang rilis sekitar 2008-2011an, atau bahkan CG diundang karena ingin membuat penonton bernostalgia dengan era 2000an? lagunya sendiri cukup enak didengar dan masih ada 3-4 lagu yang bisa dibilang fresh (2014-2017).

    Kalo Hailee, 11-12 sama Demi Lovato dan Jessie J, bagusnya dia hype 2017 bisa diundang 2018.... sulit mengundang artis yang Hype tahun sebelumnya di HUT NET tahun ini. (Contoh Jessie J hype 2011-2015 baru bisa diundang 2016,Demi Lovato hype 2012-2014 baru bisa diundang tahun 2015) dan ada kemajuan dimana Jonas blue yang hype tahun 2016, bisa diundang di tahun 2017,begitu juga Hailee.

    oh iya, saya mau ngerangkum GS HUT NET dari tahun ke tahun (dari head-liner dan third-liner) nantikan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi yg gw liat, netizen banyak yg excited sama Craig David, mungkin karena doi emg hits banget taun 2000an dan masih pada inget hehe. Jadi sebenernya ketutupnya jga gk separah Robin Thicke.

      Delete
  6. Yg kaya gini nih fans yg nyebelin. Kqlo mau udah lewat kuisnya dong jangan oake cara kaya gini lagi :(

    https://www.instagram.com/p/Bg_FcUAAzqW/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih kurang ngikutin hal ini dari tahun-tahun sebelumnya, apa memang NET secara rutin memberikan sejumlah tiket kepada fanbase musisi internasional yang diundang?? Kalau memang iya, besok saya mau bikin fanbase-nya Craig David, belum ada kan? Lumayan dapet 100 tiket, lho! Mau ikut fandom bentukan saya! :)

      Delete
    2. Itu apa ya bang? Link kaga bisa di buka

      Delete
  7. Mari kita menyanyikan lagu ekspektasinya kunto aji. Guest starsnya bukan bruno mars hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bridge-nya cocok banget, parah!

      Mana mungkin hati ini
      Terbuai ekspektasi tinggi
      Jika tak berawal indah
      Sampai akhirnya kau hancurkan

      Tapi, tetap berusaha hargai NET lah! Gak gampang lho mengundang Mas Bruno, jadwalnya padet sekali! :)

      Delete
  8. Di tunggu artikel perkiraan mashup nya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan perkiraan mashup, tapi ulasan mashup! Mashup apanya yang mau diperkirakan? Kalau ada ide sih boleh-boleh aja! :)

      Delete
    2. Maksudnya perkiraan kapan mashupnya tayang :D (baru baca artikel april mop trnyata sblum tgl 15 bulan ini/2-3 minggu sblum acara puncak) ....
      Atau perkiraan ternyata mashup ditiadakan alias gk dibuat lagi, klo sampe gitu sih sedih bgt lah.

      Delete
  9. Kenapa dimajuin jd tanggal 29 april?karena mei nya adalah bulan puasa,ga mungkin digelar saat bulan puasa kan,dan HUT net tetap ada 'hanya saja digelar di setiap program net selama bulan puasa'itulah kenapa 5.0 skrng dinamakan ICA 5.0 . Untuk GS knp sih ga cooldplay,bruno taylor dll,ada beberapa artis luar yg datang ke indonesia hanya ingin menggelar konser tunggal bukan untuk bintang tamu loh . Duh yakali sekelas bruno maroon coldplay cuma jd bintang tamu

    ReplyDelete
  10. Berharap nanti di Ica Net 5.0 tampilin band ini talk show yang waktu di ini sahur (Andre,Sule,Vincent,Desta,yujeng) yang mashup lagu², pasti bakal seru banget.Reply
    Replies

    Berharap juga kalau Payung Teduh masih komplit , harusnya diundang ke ica net 5.0 , karena lagu mereka pada hits. Pasti audience di sana pada ikut nyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Payung Teduh, sepertinya sih ga! Saya juga pengen banget, tapi kalau melihat realita yang ada, sepertinya kecil kemungkinannya! :)

      Delete
  11. Sponsor Hut NET tahun ini sejauh ini baru Zilingo, Ultra Milk, dan Teh kotak.... apa mungkin sponsor nya cuma itu saja karena banyak yg ngeduga net lagi "low budget"???? jadi hargai aja lah apa yang NET usahain untuk memuaskan penonton setianya dengan GS tsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sponsor utama hut net selalau 3 kok,, tp sponsor pendukungnya banyak..tahun lalu ada 9 kyknya..tiap tahunny banyak kok iklannya kamu bisa perhatikan waktu acara berlangsung,,dipojok kanan bawah biasanya muncul iklan" pendukung..

      Delete
  12. curhat dikit
    agak mengecewakan dikit sih. karena semenjak ultah tahun lalu kok jadi begini
    kayak penonton ngarep si a b c dateng tapi di luar dugaan

    bukan ngehate sih.


    hype nya juga jadi beda. coba bandingin sama 2.0 / 3.0
    audiens nya juga banyak





    ReplyDelete
  13. Yang aku ga suka itu ada fans2 yang bikin hastag di Instagram dngan hastag #ArianagrandeIca5.0 (atau apa itu lupa aku) atau apa itu lupaa. Jika sampai jajaran management ariana melihat hastag itu, Kan pihak net kaga tau apa2 ntar tiba2 pihak ariana menegur NET dengan adanya hastag itu. Iya kan? Kasihan juga toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, setuju, banyak netizen yang mungkin kurang memikirkan dampak dari apa yang mereka lakukan di media sosial. Berharap sih boleh-boleh saja, tapi jangan sampai justru merugikan satu atau dua pihak tertentu! :)

      Delete
  14. CONFIRM!!!
    anniversary NET & ica dipisah.
    trus kata mas wishnutama.
    ada surprise.
    tadi kalo gue gak salah denger ada 1 bintang tamu lagi.
    trus ada treatment spesial juga pas acara.

    ReplyDelete
  15. tapi tahun ini ultah NET cuma potong tumpeng doang.
    karena pas puasa.

    ReplyDelete