Berapa Harga Hak Siar Liga 1? - TELEmisi

Saturday, February 10, 2018

Berapa Harga Hak Siar Liga 1?

Ilustrasi Harga Hak Siar Liga 1 (Okezone Ekonomi & Potret Sulsel)
Tidak bisa dipungkiri bahwa sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dan digemari diseluruh pelosok dunia. Bahkan kalau kita tanya anak-anak kecil, sukanya olahraga apa? Dari 10 orang, minimal 7 akan menjawab sepakbola. Cabang olahraga ini juga memiliki kekuatan yang luar biasa, yakni mampu menjadi sarana pemersatu.

Hari-hari ini, industri sepakbola dunia semakin dahsyat saja. Salah satu tanda bahwa industri sepakbola semakin berkembang adalah dengan semakin banyaknya jumlah uang yang beredar didalam industri ini, baik dana transfer pemain yang semakin menggila, gaji pemain sepakbola yang semakin meningkat, hingga harga hak siar yang nilainya makin melejit setiap tahunnya.

Berbagai tanda perkembangan industri sepakbola diatas juga terlihat di Indonesia. Walaupun mungkin belum terlalu signifikan dari segi transfer pemain dan gaji mereka, salah satu kenaikan yang mencolok adalah dari aspek harga hak siar liga.

Sebelum saya akan membahas lebih lanjut mengenai harga hak siar Liga 1, ada baiknya anda membaca artikel ini yang membahas "6 pertimbangan sebuah stasiun televisi sebelum memutuskan untuk membeli hak siar sebuah liga." Buat penasaran mengapa sih yang megang hak siar dia lagi dia lagi, atau kenapa ada stasiun televisi yang bagus tetapi tidak ngambil hak siar liga, nah inilah jawabannya!

https://telemisi.blogspot.co.id/2018/01/6-pertimbangan-stasiun-tv-sebelum.html

Setiap awal musim, siapakah pemegang hak siar liga sepakbola adalah topik yang sangat seru dan ramai dibahas oleh khalayak ramai. Namun bagi pihak stasiun televisi baik FTA (Free to Air) maupun Pay TV, masa-masa ini merupakan waktu pertempuran hebat perebutan hak siar.

Lalu, bagaimana harga hak siar untuk liga sepakbola Indonesia?

Berdasarkan data dari beberapa sumber, TV One (VIVA Group) perlu mengeluarkan dana mencapai "260 Milyar Rupiah" untuk membeli hak siar “Go-Jek Traveloka Liga 1” serta Liga 2 pada musim 2017/18 yang lalu. Tentu ini angka yang tidak main-main.

Musim lalu, TV One menayangkan total 261 pertandingan. Dari total pertandingan yang akan disiarkan, sebanyak 203 partai di antaranya, laga dari Liga 1. Selebihnya, 58 partai pertandingan dari Liga 2.

Bila dibagi merata dengan jumlah seluruh pertandingan yang disiarkan, masing-masing pertandingan dihargai sekitar 1 Milyar Rupiah! Namun bila kita anggap 260 Milyar hanya untuk pertandingan Liga 1 saja, maka harganya mencapai 1.28 Milyar! Nominal yang besar, bukan?

Bagaimana sebenarnya harga hak siar musim-musim sebelumnya?

Dahulu, hak siar Liga Super Indonesia (ISL) seakan-akan merupakan milik ANTV secara abadi. Harga hak siar liga pada masa-masa itu juga bisa dibilang menyedihkan, hanya sekitar 10 Milyar setiap musim kompetisi.

Harga hak siar sepakbola Indonesia mulai meroket dengan tajam sejak adanya dualisme liga IPL dan ISL, pada waktu itu. IPL, yang notabene-nya merupakan liga resmi mematok harga hak siar mereka hingga 100 Milyar! Namun yang lebih mengejutkan, harga hak siar ISL pada musim tersebut mencapai nilai hingga 130 Milyar!

Hal ini merupakan sesuatu yang sangat mengejutkan. Dalam jangka waktu satu musim saja, harga hak siar sebuah liga dapat melejit dengan begitu drastis, bahkan hingga berkali-kali lipat. Momen ini dapat dibilang merupakan awal semakin meningkatnya harga hak siar liga lokal kita.

Bagaimana dengan harga hak siar musim 2018/19 mendatang?

Mengingat musim 2018/19 belum dimulai, belum ada data resmi harga hak siar untuk musim 2018/19. Tetapi menurut prediksi saya, harga hak siar musim depan akan tetap berkisar pada angka tersebut, atau mengalami sedikit kenaikan. Harga berkisar pada angka "260-300 Milyar Rupiah".

Ada beberapa hal yang sebenarnya dapat meningkatkan harga sebuah tayangan liga.

Salah satu pemicunya adalah dengan semakin banyaknya pemain asing berkualitas dan populer seperti Michael Essien yang bermain di Persib sebab pemain asing meningkatkan nilai jual dari liga sendiri. Inilah juga yang menjadi salah satu alasan mengapa musim lalu pihak penyelenggara liga memberikan kesempatan bagi para klub untuk mengontrak ekstra satu pemain asing dengan kaliber marquee player, dengan beberapa aturan.

Lalu, banyaknya ketertarikan stasiun televisi terhadap hak siar liga tersebut. Jika rating sebuah liga pada musim sebelumnya cukup memuaskan, maka akan membuat stasiun televisi lainnya juga tertarik untuk mengambilnya. Dengan kondisi seperti itu, ada kemungkinan harga ketika bidding semakin meningkat.

Mengingat besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli hak siar liga sepakbola, memangnya pihak televisi yakin balik modal? Yakin untung? Menurutmu? #TELEmisi

18 comments:

  1. Beberapa Tips Menang Di Permainan Sabung Ayam Online Klik Di Sini

    Agen Sabung Ayam Online Baik Serta Juga Terpercaya http://www.bakarayam.co

    Pemberitahuan Terbanyak Mengenai Sabung Ayam

    http://bakarayam330033.blogspot.com/2018/08/ini-nutrisi-terpilih-buat-ayam-sabung.html/

    ReplyDelete
  2. Agen BOLAVITA merupakan Agen Taruhan Besar yang menyediakan permainan Sabung Ayam yang lengkap.

    Sabung Ayam yang disediakan Agen BOLAVITA ada 3 jenis ya:
    • Sabung Ayam S128 (minimal betting Rp 20.000)
    • Sabung Ayam SV388 (minimal betting Rp 10.000)
    • Kungfu Chicken (minimal betting Rp 15.000)

    Permainan Sabung Ayam ini bisa Anda nonton secara LIVE STREAMING!

    Nonton dan mainkan sekarang juga dengan cara mendaftar terlebih dahulu di Agen BOLAVITA!

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  3. https://pokerbolamania.org/berita/trik-dan-tips-cara-menang-sabung-ayam-online
    Trik dan Tips Cara Menang Sabung Ayam Online – Sebelumnya kami akan menjelaskan asal mula permainan sabung ayam yang dipopulerkan di Indonesia
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete
  5. Suka dengan permainan bola???atau mau tau info seputar bola
    klik sini ====> agen sbobet
    Hubungi kami Sekarang Juga :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  6. kamu suka main sabung ayam?

    ada sabung ayam live loh, ga perlu panas panasan lagi,, bisa sambil santai

    mari sini gabung bersama kami,, gandakan sekarang juga uang kamuu di
    Pusat Sabung Ayam Online Terbesar Dan Paling Aman
    WARISAN4D..
    udah dijamin , modal kecil bisa besar .. ^^

    buktikan sekarang juga ^^

    *Bank 24 Jam Online
    *Proses Depo/WD Cepat Dan Tidak Ribet
    *Bonus deposit 10%
    *bonus Cashback 5%

    Informasi selengkapnya dapat kunjungi kami di
    WA : +6281391920763
    LINK : www.warisan4d.net
    #sabungayam #gameonline #agenjudionline #bandarsabungayam
    #sabungayamonline #ayampetarung #ayamaduan #ayamlaga
    #ayamjago #ayambangkokindonesia #aduayamonline
    #ayambangkokmedan #magon #bettingonline

    ditunggu ya ^^

    ReplyDelete
  7. Agen Sportsbook Terbaik Saat ini..
    Winning303 Berikan Bonus
    Welcome 20%
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus Referral Seumur Hidup

    Dapatkan Minimal Bet Parlay 5ribu Rupiah Saja....

    Proses Transaksi Cepat , Mudah dan Aman...
    Dapatkan Kemudahan Deposit Dengan Deposit via PULSA dan OVO
    Klik >>>>>>> Daftar Sekarang

    Ayo Gabung Segera Dengan Kami...
    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  8. Dalam pembahasan komentar saya kali ini
    Beberapa cara untuk mengalahkan musuh pada Ayam Aduan
    Agar cepat mengalahkan musuh tersebut, Ayam Aduan kita butuh Olahraga
    Nah bukan manusia saja yang butuh olahraga, tetapi hewan Ayam Aduan juga
    Kali ini saya membuatkan artikel tajenonline

    Cara Membentukan Seluruh Otot Tubuh Ayam Aduan Kuat

    Bisa Baca Selengkapnya di sini
    https://tajenonline.net/cara-membentukan-seluruh-otot-tubuh-ayam-aduan-kuat/

    Jika anda kurang memahami nya, Boleh ditanyakan langsung dengan tajenonline
    Pasti akan langsung cepat direspon atau dibalas chatting anda.
    Terima kasih sudah menyukai komentar saya barusan.

    ReplyDelete
  9. https://tajenonline.live/panduan-cara-ternak-ayam-bangkok-dari-anakan-sampai-dewasa-lengkap

    Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa Lengkap yang salah satu jenis ayam petarung. Dibandingkan dengan ayam aduan lainnya. Ayam Bangkok mempunyai perbedaan mau tau kelanjutannya ?

    Silakan kunjungi Situs Artikel ayam kami http://tajenonline.live
    @tajenonline #tajenonline

    ReplyDelete
  10. punya Aplikasi DANA????binggung car agent dengan Depo via DANA???
    mari gabung saja dengan kami di Donaco Poker.
    dapatkan Ragam bonus menarik dari kami
    Info hub.
    WA : +6281333555662

    ReplyDelete

  11. Judi adu ikan cupang online adalah sebuah jenis perjudian mengunakan ikan cupang yang akan diadu dalam sebuah wadah seperti aquarium kecil, dalam permainan taruhan judi adu ikan cupang baca selengkapnya di judi ikan cupang sebelumnya mendaftar dan mendapatkan user id permainan dari Bolavita
    pendaftaran gratis
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : t.me/bolavita

    ReplyDelete
  12. Suka bermain Slot dengan tingkat kemenangan tertinggi???Mari bergabung dengan kami di Winning303
    ada banyak Bonus untuk anda dalam permainan Slot.

    Klik >>>>>>> Demo Pragmatic Slot

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  13. Hanya dengan 1 user ID anda bisa bermain 7 permainan poker yang seru.
    Mau???
    Mari bergabung bersama kami di Donaco Poker...

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WA : +6281333555662

    ReplyDelete
  14. Klaim Promo Bonus 100% ! Anda bisa langsung mengklaimnya bila resmi terdaftar di Agen Linkaja88 !
    Kunjungi Link » https://www.linkaja88.net/

    Tersedia banyak permainan dengan berbagai provider yang sangat lengkap !

    SBOBET
    368BET
    CBET
    BACCARAT
    JUDI DADU
    BLACKJACK
    ROULETTE
    SLOT ONLINE
    SV388
    S128
    TOGEL
    TEMBAK IKAN

    Dapatkan secara Gratis Aplikasi Sabung Ayam S128
    Klik Link Disamping » https://www.linkaja88.net/gratis-download-aplikasi-sabung-ayam-s128/

    ReplyDelete