Dengan Durasi Iklan Hanya 3 Menit, Bagaimana Cara NET Tetap Memperoleh Keuntungan Bersaing? - TELEmisi

Sunday, November 20, 2016

Dengan Durasi Iklan Hanya 3 Menit, Bagaimana Cara NET Tetap Memperoleh Keuntungan Bersaing?

Berbagai Tayangan Stasiun Televisi di Meja Reception NET (Sumber: Qerja)
Diantara stasiun televisi lainnya, NET merupakan salah satu stasiun televisi yang tidak memfokuskan diri untuk mendapatkan rating dan share tinggi. Bukan hanya soal rating dan share, NET juga bisa dikatakan bukanlah stasiun televisi yang money-oriented yang memfokuskan diri untuk mengincar keuntungan sebesar-besarnya. Mengapa bisa saya katakan seperti itu?

NET bisa saya katakan tidak memfokuskan diri untuk mengincar uang terlihat dari durasi iklan yang mereka pasang pada setiap program mereka yakni 3 menit. Jika berkaca pada durasi iklan stasiun televisi lainnya yang bahkan mencapai 8 menit, durasi 3 menit merupakan durasi yang sangat singkat dan tergolong manusiawi bagi penonton.

Mungkin alasannya karena rating dan share yang biasanya digunakan pihak stasiun televisi untuk "menjual" program mereka masih tergolong rendah. Hal ini memang ada benarnya, rating dan share NET memang tidak setinggi stasiun televisi lainnya. Namun ada hal lain yang "dijual" NET kepada investor yang tidak dimiliki oleh stasiun-stasiun televisi lainnya.

NET memiliki kekuatan di bidang media sosial. Mereka merupakan salah satu bahkan stasiun televisi terkuat dalam hal media sosial. Mengingat mayoritas pengguna media sosial adalah kalangan anak muda, maka NET memiliki basis penonton setia dari kalangan anak muda. Inilah salah satu alasan mereka berani meluncurkan platform ZULU.ID, karena mereka yakin bahwa anak muda tetap akan mengikuti perkembangan dan tidak akan merasa terbebani dengan hal ini.

Peluncuran platform ZULU.ID juga tidak lepas dari pembahasan kita mengenai pendapatan NET. Dengan membuat platform sendiri, mereka akan lebih leluasa mencari "keuntungan". Mungkin ada diantara anda yang ketika membaca pernyataan ini bertanya, membuat platform sendiri tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, lalu "keuntungan" dari mana? Bukannya dari Youtube juga memperoleh pendapatan?

Membuat platform sendiri memang membutuhkan investasi yang besar, namun investasi tersebut akan terbayar seiring dengan waktu. Dengan membuat platform sendiri, mereka tentunya akan lebih leluasa memasangkan iklan dan tidak "diatur-atur" dengan monetasi dan lain sebagainya. Youtube memang memberikan intensif uang, namun jumlah tersebut tidak akan berarti apa-apa bagi sebuah stasiun televisi. (Selengkapnya: http://netmedianews.blogspot.co.id/2016/09/mengapa-netmedia-membuat-zuluid.html).

Selain memperoleh keuntungan dari era digital, sebenarnya memasang durasi iklan yang "hanya" 3 menit juga memiliki keuntungannya sendiri. Penonton akan lebih "setia" untuk tidak berganti-ganti channel selama iklan berjalan. Pola pemikiran inilah yang juga diterapkan ketika beberapa stasiun televisi menayangkan sebuah serial tanpa iklan pada awal-awal penayangannya, yang diincar adalah "kesetiaan" penonton. Nah ketika penonton sudah setia, iklan akan berjalan dengan lebih efektif. Bukan hanya iklan produk, tetapi juga iklan program sendiri.

Poin utama berkaitan dengan durasi iklan yang hanya 3 menit, NET menawarkan "eksklusifitas" yang membuat rate per slot iklan mereka bahkan lebih tinggi dibandingkan beberapa stasiun televisi lainnya. Harga slot iklan mereka bahkan hampir menyamai harga slot iklan stasiun televisi dengan rating tertinggi saat ini.

Itulah kurang lebih gambaran mengenai sumber pendapatan NET termasuk diluar pendapatan iklan. Selain itu juga mengapa dengan durasi iklan hanya 3 menit mereka mampu mendapatan pemasukan yang lumayan besar. Jadi bagi anda yang selama ini memprotes keputusan NET membuat ZULU.ID, semoga artikel ini membantu menjelaskan kepada anda. Dan yang pasti, terus saksikan NET karena semakin tinggi rating dan share NET maka akan semakin meningkatkan pendapatan mereka. Dengan itu semoga bintang tamu internasional yang akan diundang pada pagelaran HUT berikutnya semakin TOP dan berkelas! Siapa tahu NET 4.0 mengundang Coldplay? ~ NET Media News

No comments:

Post a Comment